KPK Kembangkan Kasus Korupsi Paket Bansos Covid-19 di Kemensos - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Kembangkan Kasus Korupsi Paket Bansos Covid-19 di Kemensos

 

GTOPNEWS.COM – KPK tengah menyelidiki kasus korupsi pengadaan paket bantuan sosial (bansos) penanganan pandemi Covid-19 di Kementerian Sosial (Kemensos). Penyelidikan itu merupakan pengembangan dari kasus yang menjerat mantan Mensos Juliari Peter Batubara yang divonis 12 tahun penjara.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, bahwa pengembangan kasus itu dilakukan berdasarkan alat bukti dari persidangan perkara mantan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara.

"Pengembangannya didapat dari fakta-fakta persidangan, dan hal ini masih dalam proses penyelidikan," kata Alex di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (26/10/2021).

Ia mengaku  mendapatkan banyak informasi dari masyarakat tentang nilai paket bansos yang menyimpang dari ketentuan.  Terkait dengan itu tim penyelidik KPK koordinasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) guna menelisik penyimpangan paket bantuan tersebut.

Bersama BPKP,  pihaknya juga mengaudit investigasi mengenai penyaluran bansos tersebut di lapangan.

‘’Kita sudah mengantongi nama-nama oknum yang diduga bermain dalam penyimpangan paket bansos Covid-19 itu,’’ ujar Alex.

Namun pihaknya keberatan menjelaskan identitas oknum-oknum itu. Pasalnya karena kasus tersebut masih daam taraf penyelidikan.

Ia mengatakan bahwa KPK  masih mendalami dan mencari bukti lanjutan untuk menaikkan status penanganan perkara itu ke tingkat penyidikan.

"Kalau sudah cukup bukti, nanti akan diekspose pimpinan melalui konferensi pers sekaligus menetapkan tersangkanya," kata Alex. (syam/TN)

 

KPK Kembangkan Kasus Korupsi Paket Bansos Covid-19 di Kemensos KPK Kembangkan Kasus Korupsi Paket Bansos Covid-19 di Kemensos Reviewed by samsul huda on October 27, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD