Pejabat Kades di Probolinggo Dijualbelikan, Ketua KPK: Itu Korupsi Yang Sangat Kejam - GROBOGAN TOP NEWS

Pejabat Kades di Probolinggo Dijualbelikan, Ketua KPK: Itu Korupsi Yang Sangat Kejam

 

GTOPNEWS.COM -  Ketua KPK Firli Bahuri menilai korupsi di Pemkab Probolinggo yang dilakukan Bupati Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin sangat kejam. Sebab jabatan pejabat sementara kades saja diperjualbelikan.

Ia  menduga, jabatan kepala sekolah, kepala dinas, dan jabatan publik lainnya di Pemkab Probolinggo, Jatim itu,  turut dijualbelikan oleh bupati dan suami tersebut.

"Bayangkan rusaknya pemerihan di Probolinggo. Pejabat sementara kades saja dijualbelikan. Tentu kita bertanya berapa tarif jabatan camat, kepala sekolah, kepala dinas, sekda, dan jabatan publik lainnya di Pemkab Probolinggo," kata Firli di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (7/9/2021).

Pihaknya menduga praktik jual beli jabatan di Pemkab Probolinggo sudah terjadi sejak lama. Pasalnya, Hasan Aminuddin sebelumnya juga menjabat sebagai Bupati Probolinggo dua periode.

"Ini benar-benar tak punya hati. Kalau begini caranya, jangan berharap rakyat mendapat pelayanan. Kita juga tidak bisa berharap banyak kesejahteraan rakyat di daerah itu, meningkat," ujarnya.

Dari hasil penyidikan kata Firli,  Hasan adalah pihak yang mengatur setiap adanya mutasi jabatan di Pemkab Probolinggo. Bahkan yang mutasi yang kecil-kecil seperti tenaga pendidik (guru) juga dilakukannya.

Ketua KPK Firli mengatakan, bahwa hal merupakan perbuatan yang kejam sekali. Dan ini merupakan korupsi yang sangat kejam yang dilakukan penyelenggara negara, yaitu Bupati Probolinggo dan suaminya, Hasan yang anggota DPR RI itu.

KPK menetapkan Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari (PTS) bersama suaminya Hasan Aminuddin (HA), dan 20 orang lainnya sebagai tersangka kasus dugaan jual beli jabatan pejabat kades di Pemkab Probolinggo tahun 2021.

Bupati Puput melalui suaminya Hasan mematok tarif Rp 20 juta untuk satu jabatan kades. Dan Puput berhak menunjuk orang untuk mengisi jabatan yang kosong sesuai aturan yang berlaku. (syam/TN)

 

Pejabat Kades di Probolinggo Dijualbelikan, Ketua KPK: Itu Korupsi Yang Sangat Kejam Pejabat Kades di Probolinggo Dijualbelikan, Ketua KPK: Itu Korupsi Yang Sangat Kejam Reviewed by samsul huda on September 07, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD