KPK Tahan 17 Tersangka Jual Beli Jabatan Yang Jerat Bupati Probolinggo - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Tahan 17 Tersangka Jual Beli Jabatan Yang Jerat Bupati Probolinggo

 

GTOPNEWS.COM – Sebanyak 17 orang penyuap Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari ditahan KPK di sejumlah rumah tahanan (Rutan) di Jakarta.

Sebelumnya mereka ditetapkan KPK sebagai tersangka dalam kasus jual beli jabatan yang menjerat Bupati Puput dan suaminya Hasan Aminuddin

Hasan adalah mantan Bupati Probolinggo dua periode. Saat ini dia menjadi anggota DPR RI Fraksi Nasdem.

Deputi Penindakan KPK Karyoto mengatakan ke – 17 tersangka itu ditahan setelah menjalani serangkaian pemeriksaan di Mapolres Probolinggo dan Gedung KPK Jalan Kuningan Persada Jakarta Selatan.

‘’Untuk kepentingan penyidikan, mereka ditahan 20 hari pertama terhitung sejak 4 September 2021 sampai 23 September 2021," kata Karyoto dalam konferensi pers di Gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Sabtu (4/9/2021).

Mereka adalah Ali Wafa, Mawardi, Mashudi, Muhammad Bambang, Masruhen, Abdul Wafi, Khoim, Saifullah, Jaelani, Uhar  dan Nurul Hadi. Sebanyak 11 tersangka ini ditahan di Rutan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur. Berikutnya Nurul Huda dan Hasan ditahan di Rutan Polres Jakarta Timur.

Kemudian Sugito ditahan di Rutan Salemba, Sahir  di Rutan Polres Jakarta Barat, Samsudin di Rutan KPK dan Maliha ditahan di Rutan Polda Metro Jaya.

Mereka adalah adalah ASN yang diajukan camat mengisi jabatan kepala desa dengan memberikan suap ke Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari lewat suaminya Hasan Aminuddin.

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan dalam kasus ini KPK menetapkan 22 orang tersangka termasuk Bupati Probolinggo Puput dan suaminya Hasan.

Alex menjelaskan setiap ASN yang diusulkan mengisi jabatan kepala desa dipungut upeti Rp 20 juta ditambah setoran tanah kas desa Rp 5 juta/hektare.

Pemkab Probolingo sedianya akan menggelar pilkades serentak tahap II pada 27 Desember 2021. Namun per 9 September 2021, ada sebanyak 252 jabatan kepala desa yang harus diisi.  

"Untuk mengisi jabatan inilah yang dipungut Rp 20 juta/orang," kata Alex. (syam/TN)

KPK Tahan 17 Tersangka Jual Beli Jabatan Yang Jerat Bupati Probolinggo KPK Tahan 17 Tersangka Jual Beli Jabatan Yang Jerat Bupati Probolinggo Reviewed by samsul huda on September 04, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD