Dana Pinjaman untuk Perbaikan 37 Paket Jalan Rusak Tahun Anggaran 2022 - GROBOGAN TOP NEWS

Dana Pinjaman untuk Perbaikan 37 Paket Jalan Rusak Tahun Anggaran 2022

 

GROBOGAN (GTopNews.Com)  – DPRD Grobogan telah menyetujui pinjaman dana Rp 115 miliar kepada pihak ketiga untuk membiayai 37 paket pembangunan peningkatan jalan tahun anggaran 2022 di daerah itu.  Harapannya kondisi jalan di Grobogan tahun 2022 layak untuk sarana transportasi dan peningkatan ekonomi rakyat.

Data di Dinas PUPR Grobogan menyebutkan, bahwa tahun 2020 jalan kabupaten yang sudah diperbaiki dan dalam keadaan baik mencapai 78,9 persen. Ditargetkan sampai akhir 2021 perbaikan jalan itu, mencapai 80,5 persen.

”Tahun ini sebagian besar perbaikan jalan itu dibiayai dari APBD, Dana Bantuan Provinsi dan Dana Alokasi Khusus (DAK),’’ kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Grobogan Wahyu Tri Darmawanto di Purwodadi, Selasa (10/8/2021).

Ia mengatakan tahun 2022 perbaikan jalan kabupaten itu akan diteruskan dengan menggunakan dana pinjaman daerah Rp 115 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk perbaikan 37 paket jalan di beberapa daerah kecamatan. Atau sekitar sekitar 35,38 kilometer jalan kabupaten yang akan diperbaiki dengan dana pinjaman daerah.

Direncanakan anggaran perbaikan infrastruktur di Dinas PUPR pada tahun anggaran 2022 mencapai Rp 289,7 miliar. Anggaran sejumlah itu, digunakan untuk program penunjangan urusan pemerintah daerah Rp 24,2 miliar, program pengelolaan sumber daya air (SDA) Rp 50,3 miliar, program pengelolaan dan pengembangan drainase Rp 7,4 miliar, program penyelenggaraan jalan Rp Rp 206 miliar, dan program penyelenggaraan penataan ruang Rp 1,4 miliar.

Sementara itu dari 35,38 km dari 37 paket peningkatan jalan itu kata Wahyu, sepenuhnya menggunakan konstruksi cor beton. Hal ini dilakukan karena dasar tanah untuk jalan di Grobogan lebih cocok dibeton dibanding aspal lantaran labil.  

Sebanyak 37 paket peningkatan jalan itu tersebar di beberapa daerah kecamatan. Di antaranya peningkatan ruas Jalan Karangsari-Menduran, Temon-Lemah Putih, Brati-Sembukan, Keyongan-Suwatu,  Keyongan-batas Kabupaten Sragen, Karanganyar-batas Kabupaten Sragen, Jambon-Karanganyar, dan Rejosari-Teguhan.

Kemudian Glapan-Penadaran, Mangin-Tlawah, Gadong-Gunung Tumpeng, Ngombak-Prigi, Karanglangu-Panimbo, Klambu-Terkesi, Jenengan-Wonosoco, Kuwu-Dumpil, Kalisari-Rejosari, Ngaringan-Waduk, Sumberagung-Ngaringan, Pengkol-Bendungan, Toko-Watupawon, Mlowo-Randurejo, Tuko-Mlowo, Jambon-Jatiharjo dan Kedungrejo-Nambuhan.

Selanjutnya Jalan Dadabong-Karanganyar, Kapung-Glapan, Tanggungharjo-Padang, Jono-Selo, Plosorejo-Tanggungharjo, Tegowanu-Tanggungharjo, Gubug-Tunjungharjo, Toroh-Ngebok, Warukaranganyar-Kenteng, Toroh-Dimoro, Wirosari-Pendem dan Dokoro-Karangasem. (syam/TN)

 #grobogan #dprd #perbaikan jalan #pupr

 

 

Dana Pinjaman untuk Perbaikan 37 Paket Jalan Rusak Tahun Anggaran 2022 Dana Pinjaman untuk Perbaikan 37 Paket Jalan Rusak Tahun Anggaran 2022 Reviewed by samsul huda on August 09, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD