Harga Gabah di Grobogan Anjlok, Bulog Diminta Segera Mengamankan Sesuai HPP - GROBOGAN TOP NEWS

Harga Gabah di Grobogan Anjlok, Bulog Diminta Segera Mengamankan Sesuai HPP

 

GROBOGAN (GTopNews.Com) – Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Grobpgan diperintahkan Bupati Sri Sumarni supaya melayangkan surat ke Divre Bulog Wilayah II Jateng di Semarang. Hal itu dilakukan karena harga gabah di tingkat petani anjlok.

‘’Intinya Bulog diminta segera turun mengamankan harga gabah sesuai Permendag Nomor 24/2020 tentang harga gabah,’’ kata Plt Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Grobogan Sunanto di Purwodadi, Kamis (4/3/2021).

Ia mengatakan surat untuk itu, tengah dipersiapkan pihaknya. Hari ini rencananya dilayangkan ke Divre Bulog Wilayah II Jateng di Semarang.

Plt Dinas Pertanian itu mengatakan, sebelum surat dilayangkan, pihaknya telah berkomunikasi tentang anjloknya harga gabah tersebut dengan pihak Gudang Bulog di Depok Toroh.

Pihak Gudang katanya mengaku sudah mengadakan pembelian tapi tidak dari petani, melainkan dari mitra-mitranya. Itupun yang dibeli tidak GKP tapi gabah kering giling (GKG) Rp 5300/kg.

‘’Untuk GKG gudang mengaku sudah membeli 9 ton. Untuk GKP belum. Tapi timnya dibilang sudah keliling ke daerah-daerah sentra panen untuk segera mengadaan pembelian sesuai HPP,’’ ujarnya.

Diperoleh keterangan harga gabah kering panen (GKP) di Sulursari Kradenan anjlok hingga Rp 3600/kg. Atau turun per kilo Rp 600 dari harga pembelian pemerintah (HPP) Rp 4200/kg.

Kandar, petani Sulursari mengatakan, anjloknya harga gabah itu, hampir merata terjadi di daerah-daerah sentra panen di Kabupaten Grobogan saat ini. Meskipun nilai penurunannya daerah satu dengan lainnya berbeda.

‘’Tapi secara umum GKP di Grobogan saat ini anjlok di bawah HPP,’’ katanya. (syam/TN)

Harga Gabah di Grobogan Anjlok, Bulog Diminta Segera Mengamankan Sesuai HPP Harga Gabah di Grobogan Anjlok, Bulog Diminta Segera Mengamankan Sesuai HPP Reviewed by samsul huda on March 04, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD