Harga Gabah di Grobogan Anjlok, Bupati Minta Bulog Segera Serap dengan Harga Pemerintah - GROBOGAN TOP NEWS

Harga Gabah di Grobogan Anjlok, Bupati Minta Bulog Segera Serap dengan Harga Pemerintah

GROBOGAN (GTopNews.Com) – Bupati Grobogan Sri Sumarni akhirnya melayangkan surat ke Kepala Divre Bulog Wilayah II Jawa Tengah di Semarang.

Surat itu dilayangkan menyusul banyaknya keluhan petani terkait anjloknya harga gabah kering panen (GKP).

Harga gabah yang dirontokkan dengan mesin power thresser hanya laku Rp 3.600-Rp 3.800/kg. Atau turun Rp 700-Rp 900/kg dari harga pembelian pemerintah (HPP) yang ditetapkan Permendag Nomor 24 Tahun 2020 tentang penetapan harga pembelian pemerintah untuk gabah dan beras.

‘’Adapun gabah yang dirontokkan dengan mesin  combine harvester laku Rp 4000-Rp 4200/kg. Atau turun Rp 300-Rp 500/kg dari HPP,’’ kata Bupati Sri Sumarni dalam suratnya, kemarin.

Terkait dengan itu pihaknya meminta Bulog Wilayah II Jateng segera turun ke lapangan mengadakan penyerapan atau pembelian dalam jumlah besar sesuai HPP. Sehingga petani tidak merugi.

Plt Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Grobogan Sunanto mengatakan, surat bupati itu, telah dilayangkan ke Bulog Wilayah II Jawa Tengah 5 Maret 2021.

‘’Menangapi surat itu, janjinya Tim Bulog akan turun ke lapangan minggu depan,’’ katanya.

Sampai kemarin Bulog Wilayah II Jateng dilaporkan belum mengadakan koordinasi dengan pihaknya maupun Tim Pangan Grobogan terkait penyerapan gabah tersebut. Padahal pihak Gudang Bulog di Depok Toroh mulai mengadakan pembelian gabah. Meskipun yang dibeli hanya gabah kering giling (GKG) saja.

Sementara itu harga GKP di Desa Karangharjo Kecamatan Polokulon kemarin anjlok di bawah jauh dari HPP.

Sujadi, petani desa itu mengatakan harga GKP hanya laku Rp 3000/kg. Maka petani di desanya banyak yang tidak menjualnya dalam bentuk tebasan seperti musim panen tahun-tahun sebelumnya.

‘’Panen kali ini banyak yang disimpan sendiri menunggu harga gabah membaik,’’ kata Sujadi di Pulokulon, Minggu (7/3/2021).

Ia mengatakan banyak penebas yang membatalkan pembelian akibat memburuknya harga gabah itu. Tidak diketahui mengapa harga gabah disaat pandemi Covid19 sekarang ini turun di bawah HPP.

Terkait dengan itu ia meminta Bulog dan jajarannya segera mengadakan pembelian ke petani di semua daerah sentra panen dalam jumlah besar sesuai HPP. (syam/TN)

Harga Gabah di Grobogan Anjlok, Bupati Minta Bulog Segera Serap dengan Harga Pemerintah Harga Gabah di Grobogan Anjlok, Bupati Minta Bulog Segera Serap dengan Harga Pemerintah Reviewed by samsul huda on March 07, 2021 Rating: 5

No comments

Post AD