KPK Bantu Otoritas Inggris Selidiki Kasus Korupsi Yang Menjerat Eks Dirut Garuda - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Bantu Otoritas Inggris Selidiki Kasus Korupsi Yang Menjerat Eks Dirut Garuda

 

GTOPNEWS.COM - Kasus suap dan korupsi  antara produsen pesawat Bombardier Inc, Air Bus S.A.S, Avions de Transport Regional (ATR), Rolls-Royce, dan PT Garuda Indonesia tengah diselidiki pemerintah Inggris.

Dalam kasus itu, KPK bersedia membantu penyelidikan dari kasus yang menjerat eks Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar.

Plt Jubir KPK Ali Fikri mengatakan selama ini KPK dengan otoritas asing selalu menjalin kerja sama dalam mengusut sejumlah perkara.

Bahkan KPK sejak awal bekerja sama dengan Serious Fraud Office (SFO) Inggris dan CPIB Singapura dalam menangani suap pengadaan pesawat PT Garuda Indonesia.

KPK sudah lama menjalin kerjasama dengan otoritas asing baik agent to agent maupun melalui MLA sejak awal menangani perkara dugaan suap terkait dengan pengadaan mesin pesawat PT Garuda Indonesia.

‘’KPK juga telah bekerja sama dengan otoritas penegak hukum di beberapa negara terkait, di antaranya SFO Inggris dan CPIB Singapura," kata Ali dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (7/11/2020). 

Ali menyebut kerja sama yang dilakukan adalah dengan tukar-menukar data dan informasi antara KPK dan SFO. KPK tengah menangani perkara suap yang melibatkan Emirsyah Satar.

"Satu di antaranya dengan pihak SFO dalam bentuk tukar-menukar data dan informasi, utamanya saat KPK sedang menangani perkara suap yang melibatkan (eks) Direktur Utama Garuda Indonesia dkk tersebut," ujarnya.

Dengan demikian, KPK memastikan kerja sama itu akan terus dilakukan. Kali ini, kata Ali, KPK juga akan membantu otoritas Inggris menyelidiki kasus dugaan suap yang menjerat eks Dirut Garuda Indonesia tersebut.

Seperti diketahui, pengusutan kasus korupsi dan suap pengadaan mesin pesawat yang melibatkan PT Garuda Indonesia (Persero), Rolls-Royce, Bombardier Inc, dan Airbus dan Avions de Transport Regional (ATR) tak hanya dilakukan oleh Indonesia saja. Otoritas Inggris turut mengusut kasus korupsi dan suap pengadaan mesin pesawat yang melilit mantan Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar.

Di Inggris, penyelidikan kasus ini dilakukan oleh Serious Fraud Office (SFO) alias lembaga antikorupsi Inggris. Sementara itu, di Indonesia, kasusnya ditelusuri oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bombardier juga melakukan penyelidikan. Perusahaan asal Kanada itu menyatakan mereka juga mendukung penyelidikan SFO.

Bombardier telah menyampaikan penyelidikan internal perusahaan atas transaksi dengan Garuda, termasuk akuisisi dan sewa pesawat Bombardier CRJ1000 pada 2011 dan 2012. Penyelidikan dimulai setelah pengadilan Indonesia memvonis Emirsyah Satar dan Direktur Teknik dan Pengelolaan Armada Garuda periode 2007-2012 Hadinoto Soedigno atas kasus pencucian uang dari proses pengadaan pesawat dan mesin pesawat di Garuda. (syam/TN)

KPK Bantu Otoritas Inggris Selidiki Kasus Korupsi Yang Menjerat Eks Dirut Garuda KPK Bantu Otoritas Inggris Selidiki Kasus Korupsi Yang Menjerat Eks Dirut Garuda Reviewed by samsul huda on November 08, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD