Soal Hedonisme, Publik Dipersilakan Sambangi Rumah Kos Wakil Ketua KPK Ghufron - GROBOGAN TOP NEWS

Soal Hedonisme, Publik Dipersilakan Sambangi Rumah Kos Wakil Ketua KPK Ghufron

 

GTOPNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) Nurul Ghufron mempersilakan publik menilai adanya anggapan, bahwa pimpinan KPK bergaya hidup mewah (hedonisme). Penilaian itu  dilontarkan Indonesia Corruption Watch ( ICW).

Tudingan Pimpinan KPK bergaya hidup mewah itu dilontarkan ICW menanggapi rencana pemberian mobil dinas bagi Pimpinan, Dewan Pengawas, dan pejabat struktural KPK.

"Jujur saya berterima kasih atas perhatian ICW, sebagai subyek yang dinilai, dan saya mempersilahkan publik menilainya, saya tidak akan menerima dan tidak akan menolak," kata Ghufron di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (19/10/2020).

Ghufron mempersilakan pihak-pihak yang mengkritik untuk menyambangi rumah kontrakannya terlebih dahulu sebelum menuding dirinya bergaya hidup mewah.

 "Silakan saja ke rumah saya, untuk melihat rumah kontrakan saya, lihat makanan saya, lihat kendaraan, pakaian dan semua yang ada. Setelah itu saya akan menerima apapun penilaiannya," ujar Ghufron.

Ia mengatakan, sebagai aparatur negara, KPK difasilitasi dengan transportasi. Namun menurutnya, fasilitas tersebut diganti dengan tunjangan transportasi, sehingga selama ini pimpinan KPK menggunakan mobil pribadi untuk kegiatan dinasnya.

Ghufron menjelaskan penganggaran mobil dinas itu sesungguhnya sudah beberapa kali diusulkan dalam tahun-tahun anggaran sebelumnya ke DPR, bukan hanya tahun 2021 ini, namun karena kondisi ekonomi belum diberikan.

Ia menambahkan, standar dan harga mobil dinas itu semuanya telah diatur dan bukan ditentukan oleh KPK. Justru KPK meminta standar yang paling minim harganya.

‘’Tapi apapun itu saya pribadi menyampaikan terima kasih atas perhatian publik, saya yakin karena cintanya pada KPK, publik menyoroti soal ini," ujar Ghufron.

Sebelumnya, peneliti ICW Kurnia Ramadhana menyebut munculnya praktik hedonisme di lingkungan KPK tidak lagi mengagetkan berkaca dari kasus gaya hidup mewah Ketua KPK Firli Bahuri.

"Praktik hedonisme semacam ini tidak lagi mengagetkan. Sebab Ketua KPK Firli Bahuri telah menunjukkan hal serupa saat menggunakan moda transportasi mewah helikopter beberapa waktu lalu," kata Kurnia, Kamis (15/10/2020).

Menurut Kurnia, praktik hedonisme itu terlihat pada rencana pemberian mobil dinas dan tetap berlanjutnya pembahasan kenaikan gaji pimpinan KPK. Padahal KPK yang dilahirkan dengan semangat pemberantasan korupsi mestinya menjunjung tinggi nilai-nilai integritas termasuk kesederhanaan.

"Namun seiring berjalannya waktu, nilai itu semakin pudar. Terutama di era kepemimpinan Firli Bahuri," kata Kurnia. (syam/TN)

Soal Hedonisme, Publik Dipersilakan Sambangi Rumah Kos Wakil Ketua KPK Ghufron Soal Hedonisme, Publik Dipersilakan Sambangi Rumah Kos Wakil Ketua KPK Ghufron Reviewed by samsul huda on October 19, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD