Ganjar Khawatir Padamnya Api Abadi Mrapen Akibat Gangguan Eksploitasi - GROBOGAN TOP NEWS

Ganjar Khawatir Padamnya Api Abadi Mrapen Akibat Gangguan Eksploitasi

 

 GTOPNEWS.COM -  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menaruh perhatian besar atas padamnya api abadi Mrapen di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Ganjar mengatakan, bahwa pihaknya khawatir padamnya api dunia itu, akibat aktivitas eksploitasi gas di sekitar Mrapen.

"Bisa jadi hal itu akibat adanya gangguan eksploitasi di kanan kiri Mrapen. Karena ada laporan di sebelahnya ada orang yang melakukan tindakan yang mengganggu stabilitas gas Mrapen dengan cara membuat sumur artetis,’’ kata Ganjar di Semarang, Jumat (2/10/2020).

Pihaknya telah memerintahkan Pjs Bupati Grobogan Haerudin dan ESDM Jateng untuk menyelidiki padamnya Api Abadi Mrapen itu. Sekaligus mencari cara bagaimana api wisata tersebut menjadi hidup kembali. Karena di sekitar Mrapen masih menyimpan gas alam yang dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk memasak.

‘’Sejauhmana kandungan gasnya, ini yang harus dikaji lebih dalam melalui penelitian itu,’’ ujar Ganjar.

Api Abadi Mrapen dikabarkan padam 25 September 2020. Ganjar langsung meresponnya dengan meminta Dinas ESDM Jawa Tengah turun tangan. 

Selain itu, Ganjar juga meminta para ahli geologi untuk segera melakukan penelitian guna mengungkap penyebab padamnya api Mrapen tersebut.

"Saya minta ahli-ahli geologi melakukan tindakan cepat. Sekarang Tim ESDM tengah berada di lapangan mengecek keberadaan Api Abadi tersebut. Dan  saya minta ESDM dan Pjs Bupati Grobogan untuk lapor cepat progres perkembangan yang terjadi," jelasnya. 

Di bagian lain Ganjar mengatakan,  bisa jadi padamnya api abadai Mrapen itu, disebabkan faktor alam, yaitu mulai menipisnya kandungan gas di sekitar Mrapen. Tapi untuk memastikannya perlu penelitian yang cermat.

‘’Kita tunggu saja gimana ESDM dalam melangkah,’’ kata Ganjar Pranowo. (syam/TN)

 

Ganjar Khawatir Padamnya Api Abadi Mrapen Akibat Gangguan Eksploitasi Ganjar Khawatir Padamnya Api Abadi Mrapen Akibat Gangguan Eksploitasi Reviewed by samsul huda on October 03, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD