Api Abadi Mrapen Padam, Muncul Opsi Buat Saluran Gas dari Titik Lain - GROBOGAN TOP NEWS

Api Abadi Mrapen Padam, Muncul Opsi Buat Saluran Gas dari Titik Lain

 

GROBOGAN (GTopNews.Com) – Tim ESDM Jateng masih meneliti dan melakukan kajian atas padamnya Api Abadi Mrapen di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.

Diduga api alam itu padam akibat pengeboran sumur artetis sekitar 200 meter dari Mrapen. Karena pengeboran ini menjadikan sumber gas alam Mrapen tersumbat.

Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Grobogan, Haerudin mengatakan, segera diupayakan Api Abadi Mrapen itu kembali menyala. Sehingga bisa digunakan untuk event olah raga nasional maupun acara keagamaan.

‘’Api Abadi Mrapen ini sudah mendunia, maka harus segera diselamatkan dari pemadaman,’’ kata Haerudin di  lokasi Api Abadi Mrapen di Desa Manggarmas Godong, Jumat (2/10/2020).

Ia mengatakan salah satu opsi menghidupkan kembali api abdi Mrapen itu, dengan acara membuat saluran gas dari titik yang lain. Karena di sekitar Mrapen, banyak didapati sumber gas.

Namun opsi itu menurutnya memerlukan kajian mendalam.

"Paling logis dengan mencari sumber gas baru kemudian disalurkan ke titik lokasi Api Abadi Mrapen. Tapi itu sangat teknis, perlu kajian dan perhitungan mendalam," ujarnya.

Hal sama disampaikan Kasi Energi ESDM Wilayah Kendeng Selatan Sinung Sugeng Arianto.

Ia mengatakan salah satu opsi memulihkan sumber api abadi adalah mencari sumber gas baru di dekat lokasi. Namun opsi itu memerlukan kajian teknis yang matang.  

Sebelumnya Api Abadi Mrapen di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, dilaporkan padam pada Jumat (25/9/2020).

Kepala Desa Manggarmas Ahmad Mufid menjelaskan awalnya api abadi Mrapen itu, meredup kemudian padam total hingga sekarang.

"Sudah sepekan padam total," kata Mufid. Ia mengatakan Tim ESDM sudah meneliti atas padamnya api abadi Mrapen itu. Namun belum menemukan penyebabnya. Meskipun muncul dugaan api tersebut padam akibat pengeboran sumur artetis 200 meter dari Mrapen. (syam/TN)

Api Abadi Mrapen Padam, Muncul Opsi Buat Saluran Gas dari Titik Lain Api Abadi Mrapen Padam, Muncul Opsi Buat Saluran Gas dari Titik Lain Reviewed by samsul huda on October 04, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD