KPK Minta Aparat Penegak Hukum Sinergi Berantas Korupsi - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Minta Aparat Penegak Hukum Sinergi Berantas Korupsi


GTOPNEWS.COM - Hari Bhayangkara seyogianya juga diisi dengan aksi pemberantasan korupsi, sebagai bentuk pengabdian diri kepada ibu pertiwi.
Hal itu dikatakan Ketua KPK Firli Bahuri yang berasal dari Polri dalam HUT Polri ke – 74 di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (1/7/2020).
Ia berharap peringatan Hari Bhayangkara dijadikan momentum penyemangat upaya pemberantasan korupsi. Memiliki nilai-nilai suci penuh arti tanpa korupsi, dan hal itu selalu mewarnai tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.
Firli perwira aktif Polri bintang tiga ini merasa bersyukur selama ini banyak anggota-anggota Polri terbaik menjadi bagian dari KPK. Dia menilai dalam upaya pemberantasan korupsi KPK tidak bisa berdiri sendiri.
Menurutnya, harus ada sinergitas dengan aparat penegak hukum lain, salah satunya Polri. KPK lanjutnya, tidak dapat berdiri sendiri dalam menjalankan fungsi, tugas dan kewajibannya sebagai garda terdepan pemberantasan korupsi di Indonesia.
Ibarat pepatah menegakkan benang basah, berbicara perihal penegakan hukum khususnya pemberantasan korupsi, KPK tentunya tak dapat berdiri sendiri namun perlu bersinergi dengan aparat penegak hukum yang lainnya.
Peran serta dan sinergitas seluruh elemen bangsa khususnya lembaga penegak hukum di negeri ini, termasuk dari Korps Bhayangkara, jelas sangat dibutuhkan KPK.
Firli mengatakan KPK dan Polri telah menyepakati tiga fokus isu yang nantinya dikerjakan bersama. Ketiga fokus isu itu merujuk pada Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2018, tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK).
Fokus pertama adalah tentang bagaimana KPK dan Polri bersinergi dalam tata niaga dan pelayanan publik guna pemberantasan korupsi yang berhasil guna dan berdaya guna, akuntabel, transparan dan tidak timbul korupsi.
Kedua, tentang pengelolaan keuangan negara, dan yang ketiga, ihwal penegakan hukum dan reformasi birokrasi.
Ia berharap seluruh aparat penegak hukum di Indonesia menjalin sinergitas yang kuat. Ia yakin cita-cita bangsa Indonesia akan terwujud jika seluruh elemen aparat penegak hukumnya saling menjalin sinergitas.
Ia juga mengapresiasi langkah Polri yang melakukan berbagai kegiatan sosial serentak di seluruh Indonesia untuk membantu penanganan pandemi Covid-19. Sebab menjaga keselamatan masyarakat merupakan hukum tertinggi.
"Mari, kita jadikan momentum Hari Bhayangkara untuk mematri diri sendiri sebagai penjaga dan pengawal keutuhan NKRI. Bhayangkara menjaga keselamatan masyarakat sebagai hukum tertinggi (salus populi suprema lex ecto)," ujarnya. (syam/TN)

KPK Minta Aparat Penegak Hukum Sinergi Berantas Korupsi KPK Minta Aparat Penegak Hukum Sinergi Berantas Korupsi Reviewed by samsul huda on July 01, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD