KPK Meluncur ke Pemkab Jember Selidiki Kasus Dugaan Korupsi - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Meluncur ke Pemkab Jember Selidiki Kasus Dugaan Korupsi





GTOPNEWS.COM – Diam-diam KPK tengah melakukan penyelidikan kasus dugaan korupsi di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jawa Timur (Jatim). Namun pihak KPK masih merahasiakan sasaran penyelidikannya ke Pemkab itu.

Plt Jubir KPK Ali Fikri di Jakarta ketika ditemui awak media membenarkan hal itu.

Ia mengatakan, memang pihaknya tengah meluncur ke Pemkab Jember meminta keterangan terhadap pihak terkait soal dugaan kasus korupsi di pemerintahan itu. 

"Bahwa benar beberapa hari lalu ada kegiatan permintaan keterangan terhadap sejumlah pihak oleh KPK di Jember," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (27/7/2020).

Tidak dijelaskan siapa saja yang telah dimintai keterangan. Pihaknya juga masih merhasiakan dugaan kasus korupsi yang tengah digali.

‘’Yang pasti kasusnya masih dalam taraf penyelidikan. Maka kami mohon maaaf belum bisa menyempaikannya secara detail,’’ ujarnya.

Ali mengatakan sesuai hukum acara, pada tahap penyelidikan belum pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka.

Semua pihak yang dimintai keterangan masih disebut sebagai terperiksa. KPK di bawah Firli Bahuri, penetapan tersangka selalu dibarengi dengan meningkatnya penanganan kasus dari penyelidikan menjadi penyidikan.

Penyelidikan KPK itu menjadi menarik di mata publik karena Bupati Jember Faida saat ini tengah dimakzulkan DPRD melalui sidang partipurna hak menyatakan pendapat  (HMP) yang diusulkan 47 anggota Dewan.

Bupati dinilai melanggar sumpah jabatan dan melanggar peraturan undang-undang  sistem merit dalam mutasi jabatan, mengabaikan rekomendasi Komisi Aparatur Negara (KASN) terkait mutasi jabatan ASN dan tidak adanya kuota CPNS tahun 2019.

Bupati Jember juga dinilai mengabaikan peraturan Menteri Dalam Negeri dan Gubernur Jatim untuk menghapus 15  pengangkatan Dalam Jabatan dan 30 Perbup terkait KSOK (Kedudukan Susunan Organisasi Tugas dan Fungsi Tata Kerja) (syam/TN)

 


KPK Meluncur ke Pemkab Jember Selidiki Kasus Dugaan Korupsi KPK Meluncur ke Pemkab Jember Selidiki Kasus Dugaan Korupsi Reviewed by samsul huda on July 27, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD