Korupsi, Ketua KPK Firli Bahuri: Sama dengan Khianati Pancasila - GROBOGAN TOP NEWS

Korupsi, Ketua KPK Firli Bahuri: Sama dengan Khianati Pancasila


GTOPNEWS.COM – Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila harus senantiasa diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari, tak terkecuali di KPK.
Menurutnya, KPK memaknai hari lahirnya Pancasila sebagai penyemangat upaya pemberantas korupsi. Sebab perilaku koruptif sangat menyalahi prinsip-prinsip dasar yang terkandung dalam Pancasila.
"Bagi KPK, hari lahirnya Pancasila perlu dimaknai dalam upaya pemberantasan korupsi yang seyogianya menjadi perhatian serius oleh kita semua, seluruh anak bangsa, karena korupsi jelas sangat menyalahi prinsip-prinsip dasar Pancasila, dasar negara kita,’’ kata Firli di Gedung KPK Jakarta Selatan dalam keterangan tertulis menyambut Hari Lahir Pancasila, Senin (1/6/2020).
Ia mengatakan hanya dengan mengamalkan sila-sila dari Pancasila, hunusan bilah pedang anti korupsi mampu melesat cepat, tertuju menusuk dan mematikan detak jantung laten korupsi.
‘’Ingat, berani korupsi sama saja berani mengkhianati nilai-nilai dari setiap butir dari yang ada di dalam Pancasila," ujarnya.
Menurut Firli sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, memiliki esensi agar kita takut, terhindar dari niat dan godaan untuk berperilaku koruptif, karena yakin setiap derap langkah, perilaku dan perbuatan kita di dunia fana ini diketahui oleh-Nya.
Mampu menjaga pribadi untuk tidak berperilaku koruptif karena takut akan dosa, menjadikan kita manusia yang adil dan beradab, sesuai sila kedua Pancasila.
Semangat dan implementasi esensi sila pertama dan kedua, dapat menjadi tujuan sila ketiga, Persatuan Indonesia, dalam mengentaskan budaya korupsi yang telah berakar urat di negeri ini.
Tentunya perang melawan laten korupsi ini, harus dipimpin dengan penuh hikmat dan kebijaksanaan sebagaimana esensi dari sila ke empat Pancasila.
Sirnanya korupsi di Indonesia, tentunya menjadi harapan, impian dan cita-cita kita bersama demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, yang termaktub dalam sila kelima Pancasila.
Baru-baru ini, kata Firli, KPK telah membangun kerjasama dengan beberapa Lembaga Tinggi Negara, salah satunya dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam upaya pemberantasan korupsi di bumi pertiwi ini. (syam/TN)

Korupsi, Ketua KPK Firli Bahuri: Sama dengan Khianati Pancasila Korupsi, Ketua KPK Firli Bahuri: Sama dengan Khianati Pancasila Reviewed by samsul huda on June 01, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD