Tertular Tetangga, Ibu Muda Hamil 7 Bulan Dinyatakan Positif Terinfeksi Covid-19 - GROBOGAN TOP NEWS

Tertular Tetangga, Ibu Muda Hamil 7 Bulan Dinyatakan Positif Terinfeksi Covid-19


GROBOGAN (GTopNews.Com) – Lagi seorang warga di Kabupaten Grobogan (Jateng) terpapar virus corona (Covid-19).  
Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Endang Sulistyoningsih mengatakan,  warga yang terpapar Covid-19 itu, berinisial RA (21), ibu muda yang tengah hamil 7 bulan.
‘’Dia berasal dari Desa Sendangharjo Kecamatan Karangrayung. Diduga tertular oleh pasien PDP sebelumnya yang berasal dari desa itu,’’ kata Endang dalam keterangannya di pendapa kabupaten, Senin (18/5/2020).
Dengan adanya penambahan satu pasien positif Covid-19 itu, menjadikan pasien PDP di Grobogan bertambah menjadi 3 orang. Dua di antaranya dirawat di RSUD Ki Ageng Selo Wirosari, RSPAW Salatiga dan kini di RSUD dr R Soedjati Purwodadi.
‘’Pasien RA inilah yang kini diisolasi di RSUD Purwodadi,’’ kata Endang.
Jubir Gus Tugas Penanganan Covid-19 Grobogan Slamet Widodo mengatakan, pasien PDP itu merupakan hasil tracking dari Ibu D, pasien positif Covid-19 sebelumnya di Desa Sendangharjo Kecamatan Karangrayung.
Sebelummnya pasien itu diisolasi di RSUD Getas Pendowo Gubug dalam kedaan hamil 7 bulan.
Pasien itu dinyatakan positif Covid-19 setelah hasil laboratnya tentang sampel dahaknya yang di tes melalui pemeriksaan PCR (swab) turun tadi siang.
Terkait persalinan ibu muda itu dikatakan, tim medis perlu memperlakukan secara jeli dan hati-hati. Tidak kalah pentingnya waspada dengan mentaati protokoler covid-19. Sehingga aman dari kemungkinan yang tak diinginkan.  
Slamet menambahkan, kasus ini satu-satunya yang terinfeksi melalui transmisi lokal, yaitu akibat tertular dari tetangga yang terpapar Covid-19.
‘’Hingga saat ini belum ada desa-desa lain yang seperti itu. Ini hanya terjadi di Sendangharjo Karangrayung,’’ ujarnya.
Pihaknya akan mengerahkan timnya bersama Pouskesmas Karangaryung dan tim Covid-19 terkait memutus mata rantai tranmisi lokal dengan mengadakan penyemporotan disifektan,  pembagian masker, pemberian vitamin dan penyuluhan tentang protokoler Covid-19 ke RW dan RT. (syam/TN)

Tertular Tetangga, Ibu Muda Hamil 7 Bulan Dinyatakan Positif Terinfeksi Covid-19 Tertular Tetangga, Ibu Muda Hamil 7 Bulan Dinyatakan Positif Terinfeksi Covid-19   Reviewed by samsul huda on May 18, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD