Anggaran KPK Dipotong Rp 62,6 Miliar, Ketua Firli Bahuri: Untuk Penanganan Covid-19 - GROBOGAN TOP NEWS

Anggaran KPK Dipotong Rp 62,6 Miliar, Ketua Firli Bahuri: Untuk Penanganan Covid-19


GTOPNEWS.COM -  Anggaran KPK tahun 2020 dipotong Rp 62,6 miliar untuk penanganan corona (Covid-19).
Hal itu dikatakan Ketua KPK Firli Bahuri di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, dalam keterangan tertulis, Senin (14/4/2020).
Ia mengatakan, anggaran KPK yang dipotong itu, di antaranya dari pembangunan Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara ( Rupbasan) KPK sehingga tak mempengaruhi pembayaran hak keuangan pegawai. 
"Sesuai laporan Sekjen, bahwa kita usulkan pemangkasan anggaran diambil dari mata anggaran belanja modal berupa rencana pembangunan gedung fungsional Rubbasan KPK yang rencana menghabiskan Rp 50 miliar," kata Firli.
Firli mengatakan, KPK tetap bekerja meskipun anggarannya dipotong. Ia memastikan hak keuangan para pegawai KPK tidak akan berkurang akibat pemangkasan anggaran itu.
Pemangkasan anggaran ini katanya, bertujuan menyelamatkan masyarakat karena anggaran yang dipangkas akan dialokasikan untuk penanganan Covid-19.
"Keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi (salus populi spurema lex esto), nah untuk itulah anggaran dilakukan realokasi untuk penanganan covid-19 dan ini menjadi prioritas utama pemerintah," ujarnya.
Sebelumnya Presiden Joko Widodo ( Jokowi) mengurangi merealokasi anggaran tahun 2020 di sejumlah kementerian dan lembaga untuk penanganan pandemi Covid-19, termasuk di KPK, Kepolisian, Kejaksaan Agung, hingga Mahkamah Agung. Anggaran yang dipangkas dari KPK senilai Rp 62,6 miliar dari Rp 922,5 miliar, kini tinggal  Rp 859,9 miliar. (syam/TN)

Anggaran KPK Dipotong Rp 62,6 Miliar, Ketua Firli Bahuri: Untuk Penanganan Covid-19 Anggaran KPK Dipotong Rp 62,6 Miliar, Ketua Firli Bahuri:  Untuk Penanganan Covid-19 Reviewed by samsul huda on April 13, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD