4 Proyek Jalan di Grobogan Batal Dikerjakan Akibat Terkena Refocussing Covid-19 - GROBOGAN TOP NEWS

4 Proyek Jalan di Grobogan Batal Dikerjakan Akibat Terkena Refocussing Covid-19




GROBOGAN (GTopNews.Com) – Sedikitnya 4 proyek peningkatan jalan di Kabupaten Grobogan batal dikerjakan pada tahun angaran 2020. Sebab anggaran proyek itu, terkena refocussing (memfokuskan kembali) belanja   untuk kegiatan percepatan penanganan Covid-19.
Empat proyek jalan itu adalah Klambu-Menawan, Tirem-Tegalsumur, Boloh-Jambon, Glapan-Penadaran. Keempatnya sudah selesai disuvei dan digambar berikut RAB (Rencana Anggaran Belanja)  oleh Bidang Perencanaan Dinas PUPR.
‘’Karena terkena refocussing terpaksa penanganannya diusulkan tahun depan,’’ kata Sekretaris Dinas PUPR Grobogan Wahyu Tri Darmawan di Purwodadi, Grobogan, Kamis (2/4/2020).
Ia mengatakan, keempat proyek peningkatan jalan itu, dianggarkan Rp 5,8 miliar dari dana intensif daerah (DID) APBD Grobogan tahun anggaran 2020.
Sebelumnya Dinas PUPR kena realokasi anggaran dari dana alokasi khusus (DAK) fisik APBN tahun anggaran 2020 sebesar  Rp 27,6 miliar. Dana itu telah direncanakan untuk membiayai belasan pekerjaan peningkatan proyek kabupaten. Karena terkena program realokasi anggaran dari pusat,   akhirnya dana tersebut ditarik semua ke Kementerian Keuangan.
Sekda Grobogan Moh. Soemarsono mengatakan, hampir Rp 100 miliar dana DAK fisik APBN 2020 yang digelontorkan ke Grobogan, terkena realokasi anggaran. Bahkan 27 Maret kemarin telah dikembalikan ke Kementerian Keuangan.
‘’Pada hari itu, kita dibatasi harus melaporkan paling lambat pukul 23.30 WIB. Lebih dari jam itu, Kementerian Keuangan tak bisa diakses,’’ kata Sekda Soemarsono. (syam/TN)

4 Proyek Jalan di Grobogan Batal Dikerjakan Akibat Terkena Refocussing Covid-19 4 Proyek Jalan di Grobogan Batal Dikerjakan Akibat Terkena Refocussing Covid-19 Reviewed by samsul huda on April 02, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD