Pasien Isolasi ODP Corona di RSUD Purwodadi Meninggal Dunia - GROBOGAN TOP NEWS

Pasien Isolasi ODP Corona di RSUD Purwodadi Meninggal Dunia


GROBOGAN (GTopNews.Com) -  Seorang pasien berstatus orang dalam pemantauan (ODP) virus corona meninggal dunia di RSUD dr Soedjati Purwodadi, Grobogan, Jateng, Kamis (26/3/2020).
Pasien usia 30 tahun asal Karangrayung itu, sempat diisolasi selama sepekan di RS tersebut.  Direktur RSUD dr R Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Bambang Pujiyanto kepada awak media membenarkan, bahwa  pasien tersebut sebelumnya berstatus ODP dan diisolasi di RSUD Purwodadi.
"Statusnya ODP, namun meninggalnya karena komorbid tuberkulosis (TBC) yang sudah lama dideritanya," kata Bambang di Purwodadi seperti dikutip Kompas.com,  Kamis (26/3/2020).
Pasien itu kata Bambang, belum sempat menjalani tes swab. Yaitu  pemeriksaan tenggorokan  dan hidung  untuk menentukan diagnosis Covid-19. Itu sebabnya yang bersangkutan belum bisa dipastikan positif terpapar virus corona ( Covid-19).
Pasien itu belum sempat swab karena tenaga medis RSUD Purwodadi baru dilatih mengenai teknis penanganan pasien corona. Selain itu sarana yang diperlukan belum memadai.
Namun untuk peralatan virus transfer media (VTM) pihaknya sudah mempunyai tujuh unit. Ia memastikan pasien itu meninggal dunia karena TBC.
Namun demikian penanganan jenazahnya tetap disesuaikan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pasien terinfeksi virus corona. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kehati-hatian dan antisipasi.
Sebelumnya pasien itu bekerja sebagai tenaga proyek di Jakarta. Sepulang dari Jakarta jatuh sakit panas dingin dan batuk, kemudian dirawat di Klinik Kesehatan Karangrayung. Karena tidak ada perubahan akhirnya dirujuk ke RSUD dr R Soedjati, Purwodadi. (syam/TN)

Pasien Isolasi ODP Corona di RSUD Purwodadi Meninggal Dunia Pasien Isolasi ODP Corona di RSUD Purwodadi Meninggal Dunia Reviewed by samsul huda on March 27, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD