Hari Ini Rapid Test Corona Dimulai di Jakarta Selatan - GROBOGAN TOP NEWS

Hari Ini Rapid Test Corona Dimulai di Jakarta Selatan


GTOPNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, rapid test atau tes cepat virus corona ( Covid-19) mulai dilakukan Jumat (20/3/2020) hari ini. Tes cepat itu dilakukan terhadap sejumlah warga yang diduga terinfeksi virus corona di Jakarta Selatan karena melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19.
"Rapid test sudah dilakukan sore hari ini di wilayah yang dulu sudah diketahui ada kontak tracing pasien positif. Mereka didatangi dari rumah ke rumah," kata Presiden Jokowi lewat siaran live streaming di akun YouTube Sekretariat Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (20/3/2020).
Jakarta Selatan dipilih menjadi lokasi rapid test massal pertama karena banyak warga yang diketahui melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19. Menurut Jokowi, pemerintah memprioritaskan wilayah yang paling rawan.
"Saat ini indikasi yang paling rawan terhadap serangan virus corona terjadi di Jakarta Selatan," ujarnya.
Juru bicara pemerintah penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menjelaskan, rapid test adalah mekanisme pemeriksaan spesimen pasien terduga Covid-19, bukan menggunakan metode swab tenggorokan (mengambil cairan di tenggorokan), melainkan dengan sampel darah.  
Metode itu disebut memiliki keunggulan. Salah satunya, tidak membutuhkan sarana prasarana pemeriksaan laboratorium pada bio security level II.
"Artinya tes ini bisa dilaksanakan di hampir seluruh RS di Indonesia," ujar Yuri. Metode ini hasilnya lebih cepat diketahui. Sampai Jumat (20/3/2020), kasus positif Covid-19 berjumlah 369 kasus. Dari jumlah itu, 32 di antaranya meninggal dunia, dan 17 dinyatakan sembuh. DKI Jakarta menjadi provinsi dengan jumlah kasus positif Covid-19 terbanyak. Kamis (19/3) dilaporkan, DKI Jakarta kasus positif corona mencapai 210 orang. Jumlah yang meninggal mencapai 17 orang. (syam/TN)

Hari Ini Rapid Test Corona Dimulai di Jakarta Selatan Hari Ini Rapid Test Corona Dimulai di Jakarta Selatan Reviewed by samsul huda on March 20, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD