700.000 Warga Indonesia Berisiko Corona - GROBOGAN TOP NEWS

700.000 Warga Indonesia Berisiko Corona


GTOPNEWS.COM - Pemerintah segera mempercepat tes virus corona secara massal dengan rapid test. Hal itu dilakukan untuk mengetahui secara cepat kasus positif corona di semua daerah dan angka kematian yang terjadi akibat terinfeksi virus tersebut.
Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 di Indonesia Achmad Yurianto mengatakan hal itu saat konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Jumat (20/3/2020).
Menurut Yurianto, jumlah penduduk yang berisiko terpapar sekitar 600 ribu - 700 ribu orang.
"Data kami, population of risk berkisar 600-700 ribu. Pemerintah akan siapkan 1 juta kit untuk pemeriksaan massal, guna identifikasi masyarakat," ujarnya.
Ia mengatakan, objek pemeriksaan secara massal adalah mereka yang berpeluang kontak langsung dengan pasien positif corona.
Maksudnya pemeriksaan terhadap orang yang berpeluang kontak dengan pasien positif terjangkiti virus corona.
Terkait perkembangan serangan corona hari ini, ia mengatakan, bahwa pasien yang positif corona bertambah menjadi 369 orang. Dari jumlah itu, 32 di antaranya meninggal dan 17 orang dinyatakan sembuh. Ratusan pasien positif corona tersebut tersebar di beberapa daerah provinsi di Indonesia.
Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan rapid test sudah dimulai sore ini untuk daerah yang paling rawan lebih dulu yaitu DKI Jakarta. Daerah ini dinilai paling banyak terkena serangan virus corona dibanding daerah provinsi lainnya.
"Pemerintah sudah mulai rapid tes untuk mencari indikasi awal apakah seseorang positif atau tidak. Pemerintah prioritaskan wilayah yang paling rawan Covid-19," kata Jokowi.
Jokowi kemudian menjelaskan sistem rapid test yang diberlakukan di Indonesia. Menurutnya,  rapid test tidak akan terpusat.
Pemerintah memutuskan melakukan desentralisasi tes yang memberikan kewenangan kepada lab-lab yang sudah ditunjuk Kemenkes.
Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan pemerintah juga sudah menyiapkan obat dari hasil riset yang bisa digunakan untuk mengurangi dampak virus corona. Pemerintah juga telah menyiapkan mekanisme untuk distribusi obat tersebut. (syam/TN)

700.000 Warga Indonesia Berisiko Corona 700.000 Warga Indonesia Berisiko Corona Reviewed by samsul huda on March 20, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD