Kementan Sebut Stok Bawang Putih Cukup Tapi Harga di Pasaran Naik Tinggi - GROBOGAN TOP NEWS

Kementan Sebut Stok Bawang Putih Cukup Tapi Harga di Pasaran Naik Tinggi

GTOPNEWS.COM – Akibat tersebarnya virus Corona di Cina, pemerintah akan menghentikan  bawang impor dari negara itu. Akibatnya harga bawang putih di pasaran naik tinggi.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebutnya,  naiknya bawang putih itu, lebih disebabkan karena kepanikan. Sikap tersebut tak lepas dari rencana pemerintah menunda impor bawang putih dari China akibat merebaknya virus corona.
Hal itu membuat sejumlah distributor hati-hati dalam mengeluarkan pasokan. Akibatnya pasokan di pasar ritel berkurang, praktis membuat harga komoditas tersebut meninggi hingga mencapai Rp 70.000/kg.
Mentan Syahrul Yasin mengungkapkan hal itu dalam acara Pasar Murah di Pasar Gede Surakarta, Jateng,  Kamis (13/2/2020).
Ia mengatakan, kini terjadi kepanikan publik dengan adanya isu tentang kemungkinan kelangkaan karena ada virus dari negara pengimpor. Padahal, masih ada cadangan bawang putih.
Stok cadangan bawang putih dinilainya masih cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi nasional, yakni sekitar 45.000-47.000 ton per bulan.
Yasin juga menyebutkan bahwa stok bawang putih saat ini masih tersisa sebesar 84.000-120.000 ton. Pihaknya minta para distributor tidak perlu menahan stok agar harga bawang putih di tingkat konsumen bisa segera ditekan.
"Mau ada (virus) Corona atau tidak, kami sudah hitung bawang putih sebenarnya masih ada 84.000-120.000 ton. Kenapa panik, karena distributor keluarin sedikit-sedikit agar besok harganya masih mahal. Kalau ada yang timbun, tangkap saja," ujarnya.
Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto mengatakan stok bawang putih akan bertambah. Hal itu berdasar terbitnya izin Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) dari Kementan untuk bawang putih sebesar 103.000 ton dari China.
Melalui impor ini, stok bawang putih diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan sampai 2-3 bulan ke depan. Untuk menstabilisasi harga bawang putih, Badan Ketahanan Pangan Kementan telah menggelar operasi pasar sejak 30 Januari 2020. Harga bawang putih pada operasi pasar ini dijual seharga Rp30.000/kilogram.
Sejumlah wilayah yang sudah dilakukan operasi pasar yakni Sumatra Barat, Jambi, dan Surakarta. Bahkan, beberapa hari lalu stabilisasi harga dilakukan pada 22 pasar DKI Jakarta. (syam/TN)
Kementan Sebut Stok Bawang Putih Cukup Tapi Harga di Pasaran Naik Tinggi Kementan Sebut Stok Bawang Putih Cukup Tapi Harga di Pasaran Naik Tinggi Reviewed by samsul huda on February 13, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD