Menkumham Yasonna Copot Dirjen Imigrasi Ronny Sompie terkait Harun Masiku - GROBOGAN TOP NEWS

Menkumham Yasonna Copot Dirjen Imigrasi Ronny Sompie terkait Harun Masiku


GTOPNEWS.COM – Menkum HAM Yasonna H Laoly mencopot Ronny F Sompie dari jabatannya sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi. Hal itu dilakukan untuk mempermudah proses penyelidikan terkait kelalaian sistem pemantauan keimigrasian sehingga tidak mencatat kedatangan Harun Masiku ke Indonesia setelah sehari sebelumnya bepergian ke Singapura.
"Tim independen sudah kami minta memeriksa. Mereka adalah Kemenkominfo, BSSN, Cyber Bareskrim Polri dan Ombudsman. Supaya independen dalam penelitian dan tidak ada conflict of interest, saya mengfungsionalkan Dirjen Imigrasi, Direktur Sisdik, dan Direktur Sistem Informasi Keimigrasian," kata Yasonna di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2020).
Yasonna mengharapkan tim independen bisa profesional dan objektif dalam bekerja. Dia menginginkan ada hasil yang maksimal untuk menjawab mengapa terjadi delay system dalam pencatatan kedatangan Harun Masiku.
"Tim nanti bisa melacak mengapa terjadi delay. Mengapa data itu tersimpan di PC bandara terminal II, kalau terminal III kan beres. Makanya, ndak ada masalah di terminal III," ujarnya.
Menkum HAM Yasonna mengatakan, pelaksana tugas harian Dirjen Imigrasi akan diberikan kepada Inspektur Jenderal Kemenkum HAM Jhoni Ginting. Menurut dia, mutasi itu berlaku per Selasa (28/1) siang.
Ronny dan Direktur Sisdik dianggap sebagai orang yang bertanggung jawab atas kelalaian kasus tersebut. Keduanya dinilai menentukan kenapa itu sistem tidak berjalan dengan baik. Mereka harus mempertanggungjawabkan soal itu. (syam/TN)


Menkumham Yasonna Copot Dirjen Imigrasi Ronny Sompie terkait Harun Masiku Menkumham Yasonna Copot Dirjen Imigrasi Ronny Sompie terkait Harun Masiku Reviewed by samsul huda on January 28, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD