BPK Sebut Kerugian Asabri Bisa Capai Rp16 Triliun - GROBOGAN TOP NEWS

BPK Sebut Kerugian Asabri Bisa Capai Rp16 Triliun


GTOPNEWS.COM - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengungkapkan kerugian investasi PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri Persero) disinyalir mencapai Rp 10 triliun – Rp 16 triliun.
Anggota BPK Harry Azhar Aziz mengatakan menyatakan bahwa nilai kerugian investasi yang dialami Asabri berada di atas Rp 10 triliun. BPK belum dapat menyampaikan nilai pasti kerugian tersebut karena masih berada dalam proses penyelidikan.
"Kami tengah mengumpulkan informasi dan kemungkinan angkanya bisa lebih dari Rp 10 triliun, berkisar Rp 10 triliun–Rp 16 triliun," kata Harry di Jakarta, Selasa (14/1/2020).
Dia menyampaikan bahwa data dan informasi yang terkumpul saat ini masih merupakan langkah awal dari penyelidikan BPK terhadap Asabri. Hasil pengumpulan informasi terbaru itu akan diangkat dalam Sidang BPK pada Rabu (15/1/2020). 
"Untuk hasil audit formal menunggu keputusan badan," ujarnya.
Berdasarkan dokumen mengenai Asabri, tercantum bahwa perseroan mengalami unrealized loss berkisar Rp10 triliun–Rp16 triliun.
Dokumen yang sama mencantumkan Asabri mencatatkan aset per Agustus 2019 senilai Rp 31 triliun. Jumlah tersebut merosot dibandingkan dengan aset dalam laporan keuangan terakhir yang dipublikasikan Asabri per 31 Desember 2017 senilai Rp 44,8 triliun.
Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyatakan bahwa Asabri mengalami kerugian dari penurunan nilai saham dan reksa dana sahamnya.
Tiko belum dapat menyampaikan nilai pasti dari kerugian itu. Namun, dia menyatakan bahwa kerugian Asabri telah terjadi cukup lama.
"Kami lagi teliti, jadi kami lagi investigasi dengan BPK jadi belum kami lihat dari mulai kapannya, tapi kayaknya sudah cukup lama," kata Tiko di Mahkamah Agung, Jakarta pada Senin (13/1/2020). (syam/TN)

BPK Sebut Kerugian Asabri Bisa Capai Rp16 Triliun BPK Sebut Kerugian Asabri Bisa Capai Rp16 Triliun Reviewed by samsul huda on January 14, 2020 Rating: 5

No comments

Post AD