Pupuk Urea Jatah Petani Kabupaten Grobogan Diduga Dijual ke Luar Daerah - GROBOGAN TOP NEWS

Pupuk Urea Jatah Petani Kabupaten Grobogan Diduga Dijual ke Luar Daerah


GROBOGAN (TopNews.Com) – Pupuk Urea jatah petani di Kabupaten Grobogan (Jateng) diduga dijual ke luar daerah. Akibatnya pupuk jenis itu, sulit didapatkan petani di kelompok tani di daerah tersebut. Tetapi di tingkat pengecer pupuk bersubsidi ini mudah didapatkan. Namun harganya melambung tinggi di atas ketentuan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.
Beberapa petani di Grobogan mengatakan, harga pupuk urea di kelompok tani per sak Rp 95.000. Namun di tingkat pedagang pengecer naik di atas HET, yaitu Rp 125.000-Rp 130.000/sak.
Terkait hal itu, Sekda Grobogan Moehammad Soemarsono selaku Ketua Komisi Pengawasan Pupuk Bersubsidi dan Pestisida (KPPP) mengaku segera menurunkan timnya ke lapangan.
‘’Secepatnya kita tindaklanjuti,’’ kata Ketua KPPP Grobogan di kantornya Jalan Gatot Subroto Purwodadi, Grobogan (Jateng), Senin (16/12/2019).
Belum diketahui siapa yang melarikan pupuk petani Grobogan itu ke luar daerah. Diduga dilarikan oleh pedagang pengecer dan distributor. Sebab Juli 2019, Polres Sragen menangkap truk Nopol K 1552  MP bermuatan 20 karung pupuk bersubsidi jenis urea dan 100 sak pupuk ZA. .
Pengemudinya bernama Paing warga Grobogan tak dapat menunjukkan surat-surat pengiriman barang. Maka dia ditetapkan Polres Sragen sebagai tersangka penyelundupan barang bersubsidi ke Trangkil Sragen.
Pupuk itu diduga dilarikan pedagang pengecer di Grobogan. Ketua DPRD Grobogan Agus Siswanto mengaku telah memerintahkan KPPP dan pihak terkait segera mengusutnya. Sebab saat ini pupuk jenis urea tengah dibutuhkan petani padi musim tanam (MT) 1. (syam/TN)  


Pupuk Urea Jatah Petani Kabupaten Grobogan Diduga Dijual ke Luar Daerah Pupuk Urea Jatah Petani Kabupaten Grobogan Diduga Dijual ke Luar Daerah Reviewed by samsul huda on December 16, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD