Jokowi Kejar dan Tangkap Pengguna ADD Desa Fiktif di Kabupaten Konawe - GROBOGAN TOP NEWS

Jokowi Kejar dan Tangkap Pengguna ADD Desa Fiktif di Kabupaten Konawe


GTOPNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta aparat mengusut ditemukannya desa fiktif atau desa hantu  yang mendapatkan kucuran anggaran dana desa (ADD) tahun 2015-2019 di Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Diduga pelakunya melibatkan banyak orang alias berjamaah. Maka Presiden Jokowi memerintahkan aparat penegak hukum untuk segera menangkapnya.
"Tetap kita kejar agar desa-desa tadi yang diduga itu ketemu, dan pelakunya ketangkep," kata Jokowi di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (6/11/2019). 
Ia mengatakan, ada puluhan ribu desa di Indonesia. Tidak mudah untuk mengelola banyaknya desa yang ada.
"Manajemen mengelola desa sebanyak itu tidak mudah. Tetapi kalau informasi benar ada desa siluman, misalnya dipakai plangnya saja, tapi desanya nggak ada, bisa saja terjadi karena dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, sebuah pengelolaan yang tidak mudah," ujar Jokowi.
Sebelumnya, dalam rappat 
 evaluasi kinerja APBN Tahun Anggaran 2019 di ruang rapat Komisi XI DPR RI, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawa. mengungkapkan adanya desa fiktif yang diistilahkan sebagai desa hantu. Ia mengatakan,  saat ini banyak bermunculan.desa-desa hantu. 
Desa hantu itu maksudnya bukan desa yang dihuni oleh makhluk halus. Melainkan desa yang berdiri tanpa seorang pun penduduk.  Desa itu kata Sri Mulyani, muncul tiba-tiba demi mendapatkan alokasi anggaran program dana desa yang sudah dijalankan pemerintah. (syam/TN)


Jokowi Kejar dan Tangkap Pengguna ADD Desa Fiktif di Kabupaten Konawe Jokowi Kejar dan Tangkap Pengguna ADD Desa Fiktif di Kabupaten Konawe   Reviewed by samsul huda on November 06, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD