Di Mata Pengamat, Menteri BUMN Erick Thohir Hadapi Tekanan Politisi dan Pemburu Rente - GROBOGAN TOP NEWS

Di Mata Pengamat, Menteri BUMN Erick Thohir Hadapi Tekanan Politisi dan Pemburu Rente



GTOPNEWS.COM - Presiden Jokowi telah melantik Erick Thohir sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menggantikan Rini Soemarno. Posisi ini dinilai memiliki pekerjaan rumah (PR) yang sangat berat.
Ekonom Senior dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani mengatakan, Menteri BUMN Erick akan berhadapan dengan politisi dan pemburu rente dalam tugasnya. Lebih-lebih terkait dengan proyek pengadaan barang/jasa.
"Tantangannya cukup berat, akan berhadapan dengan politisi dan pemburu rente," kata Aviliani dalam diskusi online Kabinet Menteri Ekonomi Jilid II: Tantangan dan Harapan di Jakarta, Sabtu (26/10/2019).

Selain itu, kata Aviliani, banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan Erick sebagai Menteri BUMN. Hal itu mengingat beberapa BUMN mengalami kerugian dan utang besar.

Ia mencontohkan beberapa PR berat yang harus dibenahi adalah Garuda Indonesia, Asuransi Jiwasraya dan Krakatau Steel.

"Dalam usahanya sejumlah BUMN masih merugi. Bahkan utang BUMN itu, terus naik. Belum lagi terkat dengan holding BUMN," ujar Aviliani.

BUMN yang merugi katanya, perlu ditinjau pertahanannya. Apabila tidak lagi mempunyai prospek ataupun terus merugi, perlu segera diputuskan untuk diakuisisi BUMN lain yang mampu menambah value chain.
(syam/TN)



Di Mata Pengamat, Menteri BUMN Erick Thohir Hadapi Tekanan Politisi dan Pemburu Rente Di Mata Pengamat, Menteri BUMN Erick Thohir Hadapi Tekanan Politisi dan Pemburu Rente Reviewed by samsul huda on October 26, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD