Hujan Turun Lagi di Grobogan, Kedungombo Digelontorkan untuk Tanam Padi MT 1 Pada 1 Nopember - GROBOGAN TOP NEWS

Hujan Turun Lagi di Grobogan, Kedungombo Digelontorkan untuk Tanam Padi MT 1 Pada 1 Nopember


GROBOGAN (GTopNews) – Untuk kali ketiga hujan turun di Grobogan, Jateng, Minggu (27/10/2019) pukul 19.30 WIB. Namun hujan itu, belum dapat menambah elevasi Waduk Kedungombo di Desa Rambat, Kecamatan Geyer. Pihak Balai PSDA Lusi Juana melaporkan, bahwa hujan yang turun di Grobogan itu, belum mampu menambah elevasi air Waduk Kedungombo. Bahkan sampai kemarin elevasinya masih berada bawah ambang batas, yaitu 79 meter.
Hujan kali ketiga ini tidak begitu deras dan tidak lama. Sehingga dinilai pihak teknis Kedungombo belum aman untuk digelontorkan untuk persiapan tanam padi MT 1 Oktober-Maret (Okmar).
Sebelumnya BMKG meramalkan, bahwa hujan akan turun di Grobogan pada malam hari. Namun sifatnya lokal dan tidak lebat. Kali ini ramalan itu tidak meleset.
Petani berharap, BMKG terus merelis perkembangan cuaca di Grobogan dalam setiap harinya. Sehingga petani bisa mempersiapkan tanam padi MT 1 dengan cepat dan tepat.
Sekretaris Dinas PUPR Grobogan Wahyu Tri Darmawan mengatakan, hujan atau tidak hujan, Waduk Kedungombo tetap akan digelontorkan pada 1 Nopember 2019 untuk kepentingan tanam padi MT 1. Hal itu sudah disepakati secara tertulis oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana dan Balai PSDA Lusi Juana, dinas teknis lainnya dan perkumpulan petani pemakai air (P3A) di Grobogan, Demak, Pati dan Kudus.
‘’Sampai hari hari ini tidak ada tanda-tanda kesepakatan itu berubah lagi,’’ kata Wahyu. Sebelumnya Kedungombo disepakati para pihak itu, digelontorkan untuk persiapan tanam padi MT 1 Okmar pada 15 ojtober 2019.  Tapi karena elevasi Kedungombo pada tanggal itu menurun di bawah ambang batas, maka penggelontorannya ditunda 1 Nopember. (syam/TN)

Hujan Turun Lagi di Grobogan, Kedungombo Digelontorkan untuk Tanam Padi MT 1 Pada 1 Nopember Hujan Turun Lagi di Grobogan, Kedungombo Digelontorkan untuk Tanam Padi MT 1 Pada 1 Nopember Reviewed by samsul huda on October 27, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD