6.000 Laporan Korupsi, Wakil Ketua KPK Basaria: Disertai 2 Alat Bukti Ditindaklanjuti - GROBOGAN TOP NEWS

6.000 Laporan Korupsi, Wakil Ketua KPK Basaria: Disertai 2 Alat Bukti Ditindaklanjuti


GTOPNEWS.COM – Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menepis anggapan, bahwa operasi tangkap tangan (OTT) sebagai alat menjerat kepala daerah dari latar belakang politik tertentu. Bahkan pihaknya mengklaim KPK bisa saja menangkap semua kepala daerah bila ada bukti kuat terkait tindak pidana korupsi.
"Andai 240 kepala daerah bisa kita buktikan korupsinya, semuanya kita ambil. Jadi bukan masalah tebang pilih," kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2019). 
Ia mengatakan hal itu menanggapi ditangkapnya sejumlah kepala daerah melalui OTT KPK belakangan ini. Basaria menyebut KPK menerima ribuan laporan masyarakat terkait dugaan tindak pidana korupsi. Namun ribuan laporan tersebut harus dipilih sesuai kewenangan KPK.
"Sekitar 6.000 pengaduan masyarakat masuk, bukan berarti kita pilih, tapi harus dipilah yang mana yang menjadi kewenangan KPK," ujarnya.
Basaria mengatakan, pihaknya harus memastikan dua alat bukti. Dan dia memastikan KPK akan menindaklanjuti laporan yang memiliki 2 alat bukti untuk dinaikkan ke tahap penyidikan. 
"Setelah jadi kewenangan kita, tim harus memastikan pada saat penyelidikan 2 alat bukti tadi. Kalau kita dikatakan pilih-pilih saya pastikan tidak. Kalau tidak percaya berikan laporannya, ada dua alat buktinya kita ambil," jelasnya.
Ia tegaskan, tidak ada KPK pilih-pilih, salah besar, tidak ada. Hanya 2 alat bukti, firm, pasti ditindaklanjuti. Tidak pernah (pilih-pilih). Kalau ada aduan masyarakat, tapi delik pidananya tidak terpenuhi, tidak diperhatikan. ‘’Jadi kita pastikan tidak ada pilih-pilih. Sepanjang ada 2 alat bukti, kita naikkan ke penyidikan," tegasnya. (syam/TN)

6.000 Laporan Korupsi, Wakil Ketua KPK Basaria: Disertai 2 Alat Bukti Ditindaklanjuti 6.000 Laporan Korupsi, Wakil Ketua KPK Basaria: Disertai 2 Alat Bukti Ditindaklanjuti Reviewed by samsul huda on October 19, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD