KPK Tegaskan Sudah Lakukan Penindakan dan Pencegahan yang Seimbang - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Tegaskan Sudah Lakukan Penindakan dan Pencegahan yang Seimbang


GTOPNEWS.COM -  KPK angkat bicara menyusul pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang tahunan MPR.  Ketua KPK Agus Rahardjo menyatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan penindakan korupsi yang tegas sekaligus menyelamatkan keuangan negara.
"Menurut saya, dua-duanya antara penindakan dan pencegahan sudah kami jalankan hari ini dan seterusnya dengan baik. Bahkan keduanya kita lakukan dengan seimbang,’’ kata Agus di Jakarta menanggapi pidato Presiden Jokowi di Jakarta, Jumat (16/8/2019).
Ia mengatakan, dalam hal penindakan, langkah yang tegas harus ditegakkan. Yaitu tanpa pandang bulu wajib tetap dilaksanakan KPK dalam memberantas korupsi.
‘’Siapapun baik di DPR, birokrasi pemerintah maupun swasta yang korupsi tetap ditangani KPK,’’ ujarnya.
Terkait aspek pencegahan dikatakan, bahwa hal itu harus menyasar pada sektor-sektor yang strategis. Bahkan berkat langkah di sektor ini, pihaknya mengklaim sudah menyelamatkan uang negara jauh lebih besar dibanding dengan yang dirampas dalam penindakan. Namun tidak disebutkan berapa nilanya yang berhasil diselamatkan.

"Dalam hal pencegahan jumlah uang negara yg diselamatkan oleh KPK memang jauh lebih besar dibandingkan dengan yang dirampas dalam penindakan. Nilainya triliunan rupiah. Detail angkanya nanti akan dirilis," ucapnya.

Agus mengatakan, KPK mendorong dan mendampingi intansi pemerintah supaya terjadi percepatan perubahan tata kelola, manajemen, dan sistem penerapan e-budgeting, e-planning dalam mengelola anggaran  dan lainnya dengan baik.
Sebelumnya, Jokowi menyatakan bahwa ukuran kinerja para penegak hukum dan HAM juga harus diubah termasuk kinerja pemberantasan korupsi.
Menurutnya, keberhasilan para penegak hukum bukan hanya diukur dari jumlah kasus yang diangkat maupun jumlah orang yang dipenjarakan, namun juga dari potensi pelanggaran HAM dan penyelamatan kerugian negara. (syam/TN)


KPK Tegaskan Sudah Lakukan Penindakan dan Pencegahan yang Seimbang KPK Tegaskan Sudah Lakukan Penindakan dan Pencegahan yang Seimbang Reviewed by samsul huda on August 18, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD