21 Tempat Digeledah KPK Terkait Suap Impor Bawang Putih - GROBOGAN TOP NEWS

21 Tempat Digeledah KPK Terkait Suap Impor Bawang Putih

GTOPNEWS.COM – Penyidik KPK masih melakukan penggeledahan di Jakarta dan Bogor terkait kasus impor bawang putih yang menjerat anggota Komisi VI DPR I Nyoman Dhamantra.  
‘’Sampai saat ini penyidik KPK telah menggeladah di 21 tempat pada 6 kota, yaitu Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung, Denpasar, dan Solo," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (19/8/2019).
Sebelumnya, Tim Penyidik KPK Jumat 9 Agustus 2019  menggeledah dua tempat lokasi di Jakarta. Kemudian Sabtu 10 Agustus 2019 menggeledah 3 tempat di Bekasi dan Jakarta. Dan Senin 12 Agust 2019 menggeledah ruang Dirjen Kantor Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian di Jakarta.
Pada Hari Selasa 13 Agustus 2019 kembali menggeledah tiga tempat di Jakarta.  Dan Rabu 14 Agustus 2019 penyidik menggeledah lima lokasi di Jakarta, Bogor dan Bandung. Kemudian Jumat 16 Agutstus 2019  menggeledah tiga tempat di Bali dan Solo.
Kini Tim Penyidik KPK ganti menggeledah kantor dan kediaman tersangka Chandry Suanda (CSU) alias Afung.
"Dari proses penggeledahan ini diamankan sejumlah dokumen terkait impor bawang putih dan barang bukti elektronik," ujar Febri.
Dalam kasus ini, KPK menetapkan anggota DPR RI Komisi VI I Nyoman Dhamantra (INY) sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan izin impor bawang putih tahun 2019. KPK juga menjerat lima orang lainnya dalam kasus ini.
Mereka adalah Mirawati Basri (MBS) selaku orang kepercayaan Nyoman, Elviyanto (ELV) orang dekat Nyoman, dan tiga pihak swasta yakni Chandry Suanda (CSU) alias Afung, Doddy Wahyudi (DDW), dan Zulfikar (ZFK).
Nyoman diduga meminta fee Rp 3,6 miliar dan Rp 1.700 hingga Rp 1.800 per kilogram dari pengurusan izin impor bawang putih dengan kuota 20 ribu ton dari Afung.
Dari komitmen fee itu, Nyoman diduga sudah menerima Rp 2 miliar yang dikirim Doddy ke rekening kasir money changer milik Nyoman. Uang Rp 2 miliar tersebut direncanakan untuk digunakan mengurus surat persetujuan impor (SPI). (syam/TN
21 Tempat Digeledah KPK Terkait Suap Impor Bawang Putih 21 Tempat Digeledah KPK Terkait Suap Impor Bawang Putih Reviewed by samsul huda on August 19, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD