KPK Geledah Kediaman Pejabat Kementerian Kelautan Soal Pengadaan Kapal - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Geledah Kediaman Pejabat Kementerian Kelautan Soal Pengadaan Kapal


GTOPNEWS.COM – KPK kembali menggeledah beberapa tempat terkait kasus korupsi pengadaan kapal. Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, hari ini ada 3 lokasi yang jadi sasaran penggeledahan. Yaitu di daerah Meteng (Jakarta Pusat), Grogol ( Jakarta Barat) dan Bekasi (Jawa Barat).
"Pengeledahan itu terkait kasus pengadaan kapal. Namun saya belum bisa sampaikan kasus pokoknya apa. Nanti setelah tim KPK kembali dari lapangan baru dapat merilis detailnya,’’ kata Febri di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (20/5/2019).
Ia mengatakan, tiga lokasi yang digeladah itu adalah kediaman direksi PT Daya Radar Utama (PT DRU) dan kediaman pejabat di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).
Diperoleh keterangan, dalam penggeledahan itu, tim penyidik KPK menyita dokumen penganggaran dan pengadaan kapal, serta barang bukti elektronik.
Pihaknya meminta publik bersabar menunggu pengumuman resmi dari KPK terkait nama tersangka dan kasusnya. Yang pati menurutnya , jika penggeledahan dilakukan otomatis status kasus tersebut sudah berada ditingkat penyidikan. Maka dipastikan sudah ada tersangkanya.
Dalam kasus ini negara dirugikan hingga ratusan miliar rupiah. Dari identifikasi TIM KPK kerugian yang ditanggung negara mencapai Rp 100 miliar.
Sebelumnya, Kamis 16 Mei 2019, tim penyidik menggeledah kantor PT DRU. Satu hari setelahnya, Jumat 17 Mei 2019 tim penyidik menggeledah salah satu ruangan di Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).
Tim penyidik KPK tengah mengusut dugaan korupsi pengadaan 16 kapal cepat patroli Bea dan Cukai tahun 2013-2015. Proyek pengadaan itu ditaksir menelan dana Rp 1,7 triliun. Dugaan kerugian keuangan negara sekitar Rp 100 miliar lebih.
KPK dikabarkan menetapkan tiga orang tersangka. Dua orang tersangka berasal dari Bea dan Cukai, dan salah satunya merupakan pejabat pembuat komitmen (PPK) pengadaan proyek tersebut. Seorang lagi merupakan petinggi PT Daya Radar Utama.
PT Daya Radar Utama merupakan perusahaan galangan kapal yang membangun dan memperbaiki berbagai macam kapal dari bahan baja, aluminium alloy dan fiberglass reinforced plastic. (syam/TN)

KPK Geledah Kediaman Pejabat Kementerian Kelautan Soal Pengadaan Kapal KPK Geledah Kediaman Pejabat Kementerian Kelautan Soal Pengadaan Kapal Reviewed by samsul huda on May 20, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD