KPK Minta Praperadilan Sofyan Basir di PN Jaksel Ditunda - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Minta Praperadilan Sofyan Basir di PN Jaksel Ditunda



GTOPNEWS.COM – KPK meminta Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menunda sidang praperadilan Direktur Utama PT PLN (Persero) nonaktif  Sofyan Basir. Permintaaan itu disampikan lewat surat tertanggal 17 Mei 2019.
Sesuai jadwal, hari ini merupakan sidang pertama praperadilan Sofyan Basir.
"Mengenai praperadilan Sofyan Basir, KPK sudah menyampaikan surat ke PN Jaksel. KPK minta sidang itu ditunda dan dijadwalkan ulang," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (20/5/2019).
Permintaan penjadwalan ulang itu terkait kebutuhan koordinasi KPK. Surat itu disampaikan tiga hyari sebelumnya, yakni Hari Jumat (17/5/2019). 
"Pertimbangan penundaan sidang itu, semata karena kebutuhan koordinasi terkait kebutuhan praperadilan," ujarnya.
Sebelumnya, Sofyan Basir mengajukan gugatan praperadilan melawan KPK. Sidang perdana akan digelar pada Senin (20/5/2019) di PN Jaksel. Gugatan itu didaftarkan Sofyan, Rabu (8/5/2019). Dalam permohonannya, Sofyan meminta KPK tidak melakukan pemeriksaan, penahanan, penggeledahan dan penyitaan, serta tidak melimpahkan berkas perkara dari penyidikan ke penuntutan sebelum adanya putusan pengadilan dalam perkara permohonan praperadilan. 
Dalam pokok perkara, Sofyan meminta hakim praperadilan menyatakan status tersangka atau dimulainya penyidikan terhadapnya tidak sah dan tidak berdasarkan hukum. KPK sendiri sebelumnya telah menyatakan siap menghadapi Sofyan di praperadilan. 
Sofyan merupakan tersangka kelima dalam rangkaian kasus dugaan suap terkait proyek PLTU Riau-1. Dia diduga membantu mantan anggota DPR Eni Maulani Saragih mendapatkan suap dari pengusaha Johanes Budisutrisno Kotjo.
KPK menduga Sofyan dijanjikan jatah yang sama dengan Eni dan Idrus Marham, yang lebih dulu diproses dalam kasus ini. Sofyan diduga berperan aktif memerintahkan jajarannya agar kesepakatan dengan Kotjo terkait proyek PLTU Riau-1 segera direalisasi. Sofyan pun disebut dijanjikan jatah fee yang sama dengan Eni dan Idrus Marham yang lebih dulu jadi tersangka. (syam/TN)




KPK Minta Praperadilan Sofyan Basir di PN Jaksel Ditunda KPK Minta Praperadilan Sofyan Basir di PN Jaksel Ditunda Reviewed by samsul huda on May 20, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD