Angkat Penyidik Independen, Eks Penyidik Polri di KPK Protes - GROBOGAN TOP NEWS

Angkat Penyidik Independen, Eks Penyidik Polri di KPK Protes



GTOPNEWS.COM - Surat dari sejumlah mantan penyidik KPK dari Polri beredar luas di kalangan media cetak, dan elektronik. Surat itu ditujukan untuk pimpinan KPK terkait dengan gejolak internal di tubuh KPK.
Salah satu poin dari surat itu mengenai tudingan pimpinan KPK. Saat ini pimpinan KPK dianggap telah menggeser semua penyidik dari Polri yang bertugas di KPK dengan mengangkat dan melantik penyidik secara independen.
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengaku belum membaca surat itu, secara utuh. Namun dia menepis anggapan pimpinan KPK saat ini ingin mengganti semua penyidik KPK yang berasal dari Polri.
"Saya belum baca suratnya tetapi tidak ada niatan dari KPK untuk menghilangkan semua penyidik Polri di KPK. Tidak ada, tidak ada itu," kata Syarif di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (3/5/2019).Syarif mengungkit sejarah KPK yang memiliki sumber daya manusia dari Polri dan Kejaksaan. Syarif mengatakan, yang terpenting adalah KPK memiliki penyidik yang berintegritas, bukan soal dari mana asalnya.
"Yang paling penting itu adalah kita memiliki penyidik-penyidik yang mumpuni, yang terjaga integritasnya, dan pengetahuan dan keterampilannya juga mumpuni," ujar Syarif.
Pihaknya menegaskan, bahwa KPK tidak bisa melupakan sejarah dulu awal-awal berdirinya KPK itu sebelum ada penyidik yang direkrut KPK sendiri. Semua penyidik adalah penyidik-penyidik dari Polri dan bekerja sama dengan teman-teman dari kejaksaan. Jadi kata Syarif, yang dilanjutkan sekarang adalah sebagian dari legacy yang ditanamkan oleh penyidik-penyidik terdahulu di KPK. (syam/TN)


Angkat Penyidik Independen, Eks Penyidik Polri di KPK Protes Angkat Penyidik Independen, Eks Penyidik Polri di KPK Protes Reviewed by samsul huda on May 03, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD