Penyidik KPK Geledah Rumah Ketum PPP Romahurmuzy di Condet Jaktim Sempat Tak Dibukakan - GROBOGAN TOP NEWS

Penyidik KPK Geledah Rumah Ketum PPP Romahurmuzy di Condet Jaktim Sempat Tak Dibukakan






GTOPNEWS.COM -  Empat orang penyidik KPK menggeledah rumah Ketua Umum (Ketum) Partai PPP Romahamuzy (Romy) di Jalan Batu Ampar III Bo 4, Condet Jakarta Timur (Jaktim), Jumat (15/3/2019)  pukul 20.00 WIB. Penyidik KPK itu tiba pukul 19.00 WIB menumpang mobil kijang Innova hitam. Namun mereka tak diizinkan masuk oleh pihak penjaga rumah. Setelah pihak RT setempat memberikan penjelasan kepada penjaga rumah itu, baru mereka diizinkan masuk.
Sekitar satu jam penyidik KPK itu, menunggu jalannya negoisasi dengan penjaga rumah.
Rumah Romi tertutup rapat dan hanya dijaga oleh petugas jaga dari dalam rumah. Jendela pintu tampak tertutup kain putih. Belum diketahui hasil penggeledahan di rumah Ketum PPP itu. Diduga penggeledahan dilakukan untuk mencari bukti-bukti pendukung terkait jual beli jabatan yang dilakukan Ketum PPP Romy di Kanwil Kemenag Jatim.
Romi tertangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK di hotel Bumi Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Jatim, Jumat (15/3) pagi. Sampai pukul 10.38 WIB, Romy dan lima orang kawannya masih diperiksa penyidik KPK di Gedung KPK.
Sesuai KUHAP, masih ada waktu maksimal 24 jam bagi KPK sebelum menentukan status hukum perkara ini dan juga orang-orang yang diamankan.
Ketua KPK Agus Rahardjo mengungkapkan pihaknya telah lama menyelidiki dugaan transaksi terkait pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) yang diduga melibatkan Romi.
"Sudah lama. Sudah lama (intai Romahurmuzy)," kata Agus di Gedung KPK Jakarta, Jumat (15/3/2019).
Agus mengatakan, penyelidikan kasus ini tidak sampai satu tahun. Penguatan dari kasus ini, kata Agus dilakukan KPK setelah mendapat laporan dari masyarakat. Dari proses verifikasi dan pemeriksaan KPK menemukan adanya alat bukti permulaan.
Bahkan, Agus mengungkapkan, dari proses identifikasi sementara, KPK menemukan adanya dugaan transaksi terkait jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama yang diduga melibatkan Romi telah terjadi berulang kali.
"Yang perlu dicatat itu bukan pemberian yang pertama karena sebelumnya juga yang bersangkutan pernah memberikan," ujarnya.
Romi dan empat orang lainnya diamankan KPK di Jawa Timur. Kelimanya diduga melakukan suap terkait jual beli jabatan di Kementerian Agama baik di pusat ataupun di daerah.
Selain menangkap kelimanya, tim KPK juga mengamankan sejumlah uang dengan pecahan seratus ribu rupiah. Uang itu diduga bagian suap atau fee atas pengaturan jabatan tersebut. (syam/TN)


Penyidik KPK Geledah Rumah Ketum PPP Romahurmuzy di Condet Jaktim Sempat Tak Dibukakan Penyidik KPK Geledah Rumah Ketum PPP Romahurmuzy di Condet Jaktim Sempat Tak Dibukakan Reviewed by samsul huda on March 15, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD