KPK Periksa 12 Orang Pansel Pengisian Jabatan Kemenag Jatim di Polda - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Periksa 12 Orang Pansel Pengisian Jabatan Kemenag Jatim di Polda


GTOPNEWS.COM – Penyidik KPK datang ke Surabaya untuk memeriksa 12 saksi kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) Jatim. Mereka terdiri atas panitia seleksi (Pansel) pengisian jabatan di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Jawa Timur.
Para saksi itu, diperiksa di Mapolda Jatim. "Mulai hari ini KPK mulai melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi tersebut, di Surabaya," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Kamis (21/3/2019).
Ia mengatakan, pemeriksaan itu, untuk mendalami proses seleksi yang dilakukan terkait pengisian jabatan Kakanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin. Pengisian jabatan ini diduga melanggar aturan Komisi ASN. Karena Haris tidak termasuk calon yang diusulkan tim seleksi.
Dalam kasus ini KPK menetapkan Eks Ketua Umum PPP Romahurmuzy (Romy) sebagai tersangka penerima dugaan suap jual beli jabatan di Kemenag Jatim. Dan Kakan Kemenag Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi  dan Kakanwil Kemenag JatimHaris Hasanuddin  sebagai tersangka yang menyerahkan.  Keduanya diduga menyuap Romi agar mendapatkan jabatan di Kemenag.
Romy diduga menerima Rp 300 juta dari Haris dan Muafaq. Dalam menentukan Kakanwil Haris diduga Romy dibantu pihak internal Kemenag. 
Tim Penyidik KPK juga sudah menggeledah beberapa ruangan di Kemenag. Salah satunya ruanga kerja Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.  Dalam penggeledahan itu, KPK menemukan uang Rp 180 juta dan USD 30.000 di laci meja Menteri Lukman HakimSaifuddin. (syam/TN)


KPK Periksa 12 Orang Pansel Pengisian Jabatan Kemenag Jatim di Polda KPK Periksa 12 Orang Pansel Pengisian Jabatan Kemenag Jatim di Polda Reviewed by samsul huda on March 21, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD