Geledah Ruang Kerja Menteri Agama, KPK Menemukan Uang Sekitar Rp 100 Juta - GROBOGAN TOP NEWS

Geledah Ruang Kerja Menteri Agama, KPK Menemukan Uang Sekitar Rp 100 Juta




GTOPNEWS.COM -  Tim Penyidik KPK menyita uang ratusan juta rupiah dari ruang kerja Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Sejumlah uang itu disita saat tim tersebut melakukan pengeledahan di Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta Pusat, Senin (18/3/2019).  
‘’Uang yang disita itu dalam bentuk rupiah dan dolar,’’ kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (18/3/2019). 

Ia menghatakan, dari hasil penggeledahan ditemukan dokumen-dokumen terkait pengisian jabatan di Kemenag dan penyitaan uang dalam jumlah ratusan juta rupiah. Sejumlah uang itu sedang dihitung secara rinci, dan sampai saat ini belum ada info terkait kepemilikan uang tersebut.

Dikatakan, penggeledahan ini merupakan tindak lanjut dari penyidikan kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kemenag yang menjerat eks Ketua Umum PPP Romahurmuzy. 

Selain ruang kerja Menteri Agama Lukman Hakim, Tim Penyidik  KPK juga menggeledah ruang kerja Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan dan ruang biro kepegawaian Kemenag. Dari ruangan tersebut, penyidik menyita dokumen terkait proses seleksi kepegawaian di Kemenag. 

Bahkan di ruang itu pula ditemukan dokumen adanya sanksi disiplin terhadap Kakanwil Kemenag Jatim Haris Hasanuddin sebelum dilantik menjadi pejabat di Kemenag daerah itu.
Febri mengatakan, temuan itu merupakan bahan penguat penyidikan, bahwa Haris dipromosikan menjadi pejabat di Kemenag Jatim diduga campur tangan pihak lain sangat kuat.  
Selain itu, lanjut Febri, ada dokumen-dokumen terkait proses seleksi yang diamankan, baik terkait tahapannya maupun proses hasil seleksi.
Kemarin penggeledahan juga berlangsung di Kantor DPP PPP Menteng Jakarta. Penyidik menyita sejumlah dokumen tentang  kepengurusan DPP PPP dan lainnya.
"Dokumen – dokumen itu perlu dipelajari untuk memahami konstruksi kasus, karena ada pihak-pihak yang tidak punya kewenangan secara formil untuk mengatur proses seleksi jabatan di Kemenag, tetapi terlibat di dalamnya," ujar Febri.
KPK menduga ada proses kerja sama antara Romy dengan Kemenag terkait jual beli jabatan. Ada risiko intervensi aktor-aktor politik terhadap birokrasi. Pihaknya menduga ada perbuatan bersama antara tersangka RMY dengan pihak di Kemenag untuk menduduki posisi tersebut. 


Usai penggeledahan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dipersilakan masuk ruang kerjanya. Ia mengatakan belum mengetahui dokumen apa saja yang diambil penyidik KPK setelah ruangannya disegel KPK.
"Saya belum mengetahui apa yang diambil karena baru akan masuk," kata Menteri Agama Lukman Hakim.
Sebelumnya ditetapkan KPK menetapkan Romy sebagai tersangka penerima suap jual beli  jabatan Kanwil Kemenag Jatim dan Kemenag Gresik. Sedang pemberinya adalah Kakanwil Kemenag Jatim Haris dan Kakan Kemenag Gresik M Muafaq Wirahadi.

Mereka ditersangkakan setelah tertangkap melalui operasi tangan tangan (OTT) di Hotel Bumi Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Jumat (15/3/2019). (syam/TN)

Geledah Ruang Kerja Menteri Agama, KPK Menemukan Uang Sekitar Rp 100 Juta Geledah Ruang Kerja Menteri Agama, KPK Menemukan Uang Sekitar Rp 100 Juta Reviewed by samsul huda on March 18, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD