Suap DAK Bidang Pendidikan, KPK Periksa Bupati Cianjur & Iparnya Sebagai Tersangka - GROBOGAN TOP NEWS

Suap DAK Bidang Pendidikan, KPK Periksa Bupati Cianjur & Iparnya Sebagai Tersangka




GTOPNEWS.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar dan dua koleganya terkait kasus penggelapan dana alokasi khusus (DAK).
"Kali ini yang bersangkutan diperiksa sebagai tersangka," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Yayuk Andriati Iskak, Senin (31/12/2018).
Penyidik juga memeriksa dua tersangka lain yang berasal dari lingkungan Pemkab Cianjur. Mereka adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Cecep Sobandi dan Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan, Rosidin. Keduanya diperiksa sebagai tersangka seperti halnya bupati Irvan Rivano.

KPK juga memeriksa tersangka lain yang berlatar wiraswasta yakni Tubagus Cepy Sethiady. Tubagus adalah saudara ipar dari Irvan. 
Para pejabat di Kabupaten Cirebon ini diperiksa karena diduga menyunat dana pendidikan Cianjur yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) 2018. Irvan dan koleganya di dinas pendidikan diduga menerima suap 14,5 persen dari anggaran pendidikan sebesar Rp 46,8 miliar.
KPK menangkap tangan Irvan, Cecep, dan Rosidin pada pertengahan bulan ini. Mereka diamankan karena diduga menerima suap. 

Irvan adalah Bupati Cianjur yang terpilih pada proses Pilkada 2015. Mengintip Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Rabu (12/12), Irvan tercatat memiliki harta sekitar Rp 2 miliar.
Dia terakhir melaporkan harta kekayaannya ketika masih menjabat Anggota DPRD Jawa Barat atau ketika akan maju sebagai calon Bupati Cianjur, pada 22 Juli 2015.
Dari LHKPN itu, Irvan tercatat memiliki 8 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Kabupaten Cianjur. Nilai aset harta tidak bergerak mencapai Rp1,4 miliar.
Irvan juga memiliki harta bergerak berupa mobil Suzuki Swift, Daihatsu Terios, Toyota Alphard, dan satu unit motor Honda Vario. Seluruh aset tersebut sebesar Rp 487 juta. Irvan juga mempunyai giro dan setara kas sejumlah Rp121,4 juta. (syam/TN)

Suap DAK Bidang Pendidikan, KPK Periksa Bupati Cianjur & Iparnya Sebagai Tersangka Suap DAK Bidang Pendidikan, KPK Periksa Bupati Cianjur & Iparnya Sebagai Tersangka Reviewed by samsul huda on January 01, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD