Kronologi Penangkapan Bupati Mesuji - GROBOGAN TOP NEWS

Kronologi Penangkapan Bupati Mesuji



 GTOPNEWS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Bupati Mesuji (Lampung) Khamami sebagai tersangka suap proyek-proyek infrastruktur jalan di lingkungan Pemkab Mesuji. Tak hanya Khamami, KPK juga menetapkan adik Khamami bernama Taufik Hidayat, Sekretaris Dinas PUPR/Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Wawan Suhendra dan bos PT Jasa Promix Nusantara dan PT Secilia Putri Sibron Azis serta Kardinal, seorang pihak swasta sebagai tersangka.
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menjelaskan mengenai kronologi penangkapan Bupati Mesuji dan kawan-kawannya. Mulanya Satgas KPK menerima informasi dari masyarakat akan adanya transaksi proyek jalan di Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Mesuji.
Berdasarkan informasi itu, Rabu (23/1/2019) pukul  pukul 15.00 WIB, Tim Satgas KPK mengamankan TH (Taufiq Hidayat, adik Bupati Mesuji di depan toko Ban di Lampung Tengah.
‘’Dia ditangkap karena sebagai salah satu penerima suap proyek jalan itu," kata Basaria dalam konferensi pers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (24/1/2019).
Dalam penangkapan itu,  Tim Satgas KPK mengamankan uang sebesar Rp1,28 miliar dalam pecahan Rp 100 ribu yang ditaruh di sebuah kardus air mineral.
Selain Taufiq Hidayat, tim juga mengamankan dua orang lainnya di lokasi yang sama yakni Mai Darmawan (rekan Taufiq Hidayat) dan supir Bupati Mesuji. Sebelumnya, Mai Darmawan dan Kardinal membawa uang Sibron Azis dari Bandar Lampung ke tempat Taufiq Hidayat di Lampung Tengah.
"Uang suap dititipkan di toko ban menunggu TH (Taufiq Hidayat) datang ke toko itu dan uang tersebut kemudian  dipindahkan ke bagasi mobil merah," ujar Basaria.
Sekitar pukul 15.30 WIB, tim KPK bergerak ke jalan Bandar Jaya, Lamteng dan mengamankan Kardinal, perantara Sibron Azis. Secara paralel, tim bergerak ke kantor milik Sibron di Jalan Harun Il Tanjung Karang Timur dan mengamankan Sibron Azis bersama dua orang staff keuangan. Dan kemudian menangkap Bupati Mesuji Khamimi di rumah dinasnya. (syam/TN)

Kronologi Penangkapan Bupati Mesuji Kronologi Penangkapan Bupati Mesuji   Reviewed by samsul huda on January 25, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD