Kepala Daerah Bermain Proyek, Wakil Ketua KPK Basaria Panjitan: KPK Bakal OTT - GROBOGAN TOP NEWS

Kepala Daerah Bermain Proyek, Wakil Ketua KPK Basaria Panjitan: KPK Bakal OTT






GTOPNEWS.COM – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta para kepala daerah bekerja sesuai dengan tugas dan kewenangan tanpa mengesampingkan aturan, apalagi melakukan korupsi. KPK  miris karena 107 kepala daerah menjadi tersangka di KPK.
Operasi tangkap tangan (OTT) KPK terbaru, 24 Januari 2019 menjerat kepala daerah lagi. Bupati Mesuji (Lampung) Khamami ditetapkan sebagai tersangka. Apakah hal mengidentiifikan, bahwa KPK belakangan tengah nyasar daerah –daerah dibandingkan pemerintah pusat.
"Sebenarnya KPK tidak ada fokus ke daerah dengan meninggalkan pusat. Tidak ada, semua sama," kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan dalam konferensi pers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (24/1/2019).
Namun Basaria menyebut bila saat ini tim koordinasi dan supervisi KPK ada di seluruh Indonesia. Hal itu menjadi awal KPK menerima informasi bila ada pejabat di daerah melakukan korupsi.

"Jadi dengan itu, secara otomatis informasi-informasi di daerah lebih cepat diketahui KPK," ujar Basaria.

Pihaknya mengingatkan para kepala daerah tidak bermain-main dengan proyek, pengelolaaan anggaran, jual beli jabatan, perzinan maupun lainnya.
‘’Kami tidak bermaksud menakuti-nakuti. Tim kita datang untuk membantu para kepala daerah agar bisa berjalan dengan baik tanpa melakukan korupsi. Jangan lagi bermain-main kalau tidak kami lakukan OTT,"  jelasnya.
KPK telah menetapkan Bupati Mejusi Khamami sebagai tersangka. Selain Khamami, KPK menetapkan 4 orang tersangka antara lain Taufik Hidayat, adik Khamami, Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Mesuji Wawan Suhendra, Pemilik PT Jasa Promix Nusantara dan PT Secilia Putri Sibron Azis  dan Kardinal selaku swasta.
Khamami diduga menerima Rp 1,28 miliar dari Sibron melalui sejumlah perantara. Uang itu diduga merupakan fee pembangunan proyek infrastruktur jalan di Mesuji. KPK menduga uang itu bukanlah pemberian pertama. KPK telah mendeteksi pemberian sebelumnya sebesar Rp 200 juta dan Rp 100 juta. (syam/TN)

Kepala Daerah Bermain Proyek, Wakil Ketua KPK Basaria Panjitan: KPK Bakal OTT Kepala Daerah Bermain Proyek, Wakil Ketua KPK Basaria Panjitan: KPK Bakal OTT Reviewed by samsul huda on January 24, 2019 Rating: 5

No comments

Post AD