Sambut Natal dan Tahun Baru, Dinas PUPR Tutup Lubang Kerusakan di Jalan Diponegoro - GROBOGAN TOP NEWS

Sambut Natal dan Tahun Baru, Dinas PUPR Tutup Lubang Kerusakan di Jalan Diponegoro




GROBOGAN (GTopNews.Com) – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Grobogan, Jumat (21/12/2018) kemarin mengerahkan tenaga perawatan jalan untuk menutup lubang-lubang kerusakan di sepanjang Jalan Diponegoro Purwodadi.  Jalan itu berlubang-lubang akibat tanah dari badan jalan tersebut labil. Lebih-lebih belakangan ini terus diguyur hujan, sehingga mengakibatkan tingkat kerusakannya menjadi semakin parah.
Kepala Dinas PUPR Grobogan Een Endarto mengatakan, penutupan lubang-lubang kerusakan jalan itu, dilakukan dengan menggunakan aspal hotmix dan kemudian dipadatkan dengan woker (sejenis alat berat berukuran kecil).  Bila tingkat kerusakannya parah, maka diupayakan ditutup dengan batu dan sirtu dan kemudian diratakan dengan aspal hotmix.
‘’Melalui perbaikan itu diharapkan arus lalin di sepanjang jalan tersebut menjadi nyaman dan aman. Dan mereka yang menyambut Natal dan Tahun Baru 2019 tidak lagi merasa terganggu dengan kondisi jalan tersebut,’’ kata Kepala Dinas PUPR Grobogan Een di Purwodadi, Jumat (21/12/2018).
Ia mengatakan, perbaikan jalan itu juga dilakukan di sepanjang Jalan A Yani dan DI Panjaitan Purwodadi. Sebab di sepanjang ruas jalan tersebut banyak yang kedapatan berlubang. Rencananya tahun 2019 dan seterusnya pihaknya akan menerapkan pola perawatan bebas lubang. Artinya, mulai tahun baru nanti setiap lubang kerusakan di sepanjang ruas jalan kabupaten akan langsung ditambal dengan menggunakan aspal hotmix.
Bidang Jalan di Dinas PUPR  telah diperintahkan mendata setiap minggu  terhadap jalan-jalan kabupaten yang kedapatan berlubang. Dengan itu kondisi jalan kabupaten terjaga dan bebas dari lubang-lubang kerusakan.
Ditanya mengenai dana perbaikan jalan itu dikatakan, sepenuhnya menggunakan dana perawatan APBD Perubahan 2018. Namun berapa besarnya ia mengaku tidak ingat. Karena angka dari dana perbaikan tersebut ada di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Purwodadi.
Ditambahkan, Jalan Diponegoro tahun anggaran 2019 akan diperbaiki dengan konstruksi rabat beton dari Dana Bantuan Provinsi Jateng sebesar Rp 800 juta.  Een mengatakan, sebagian ruas Jalan Diponegoro masih dalam bentuk pengerasan jalan aspal.  Tahun 2019 kondisi jalan itu, akan dibongkar kemudian diganti dengan rabat beton. (syam/TN)

Sambut Natal dan Tahun Baru, Dinas PUPR Tutup Lubang Kerusakan di Jalan Diponegoro Sambut Natal dan Tahun Baru,  Dinas PUPR Tutup Lubang Kerusakan di Jalan Diponegoro Reviewed by samsul huda on December 21, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD