Kronologi OTT Bupati Cianjur - GROBOGAN TOP NEWS

Kronologi OTT Bupati Cianjur





GTOPNEWS – Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar  telah ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka pemerasan kepala sekolah menengah pertama (SMP) terkait Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan. Selain Bupati, KPK juga menetapkan Kepala Dinas Pendidikan Cecep Soebandi, Kepala Bidang (Kabid) SMP Rosidin, dan kakak ipar Bupati Tubagus Cepy Sethiady sebagai tersangka.
Diduga Bupati Irvan dan kawanannya menerima 14,5 persen dari total DAK Pendidikan Kabupaten Cianjur sebesar Rp 46,8 miliar
Kronologi OTT  itu, Rabu (12/12/2018)  pukul 05.00 WIB, KPK mengidentifikasi terjadinya perpindahan uang dari mobil Rosidin yang dibawa sopir ke mobil Cecep Sobandi (CS). Uang itu dikemas dalam kardus berwarna cokelat.
 Tim Satgas KPK langsung bergerak menangkap dua orang, yakni Cecep Sobandi dan sopir di halaman Masjid Agung Cianjur. Tim lain pukul 05.17 WIB, mengamankan Rosidin dari rumahnya
Kemudian pukul 05.37 WIB, tim KPK menuju kediaman Bendahara MKKS Cianjur berinisial T dan Ketua MKKS Cianjur berinisial R dan mengamankan keduanya di rumah masing-masing
Sekitar pukul 06.30 WIB, tim KPK memasuki Pendapa Bupati dan mengamankan Bupati Cianjur di rumah dinasnya. Kemudian tim mengamankan kepala seksi berinisial B di sebuah hotel di Cipanas pada pukul 12.05 WIB.
"Diduga Bupati Cianjur bersama sejumlah pihak telah meminta, menerima, atau memotong pembayaran terkait dana Alokasi Khusus Pendidikan (DAK) Kabupaten Cianjur tahun 2018 sebesar 14,5 persen dari total Rp 46,8 miliar," kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan dalam jumpa pers di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Rabu (12/12/2018).
Menurut KPK, T dan R, yang menjabat pengurus MKKS Cianjur, diduga berperan menagih fee dari DAK Pendidikan kepada sekitar 140 kepala sekolah yang telah menerima DAK tersebut.
Basaria menyebut, dari sekitar 200 SMP yang mengajukan alokasi DAK, ada 140 SMP di Cianjur yang disetujui. "Diduga alokasi fee terhadap IRM, Bupati Cianjur, adalah 7 persen dari alokasi DAK," ucap Basaria.

Kronologi OTT Bupati Cianjur Kronologi OTT Bupati Cianjur Reviewed by samsul huda on December 12, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD