Banjir Lingkungan Perumda, Dinas PUPR Akan Normalisasi Saluran Gajah Mada Purwodadi - GROBOGAN TOP NEWS

Banjir Lingkungan Perumda, Dinas PUPR Akan Normalisasi Saluran Gajah Mada Purwodadi





GROBOGAN (GTopNews) – Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Penataan Ruang (PUPR) Grobogan akan menormalisasi saluran Jalan Gajah Mada Purwodadi secara menyeluruh. Hal itu dilakukan karena saluran pembuangan tersebut tak mampu menampung air buangan akibat tersumbat lumpur. Terutama yang berada di depan kawasan pemukiman dan pertokoan.
‘’Saya sudah perintahkan Bidang Pengairan untuk mendesain ulang keberadaan saluran Jalan Gajah Mada dan kemudian menormalisasinya dari ujung timur hingga tempat pembuangan akhir arah barat,’’ kata Kepala Dinas PUPR Grobogan Een Endarto di Purwodadi, Grobogan (Jateng), Senin (10/12/2018).
Ia mengatakan, saluran itu tak berfungsi maksimal karena di depan perumahan tak pernah terawat. Bahkan beberapa ruas saluran didirikan bangunan permanen hingga menutup total bangunan saluran. Akibatnya air hujan di lingkungan perumahan daerah (Perumda) tak dapat terbuang melalui saluran tersebut.
‘’Hal inilah yang diklaim warga Perumda penyebab banjir di lingkungan perumahan itu,’’ ujar Een. Menurutnya, bangunan permanen di atas saluran harus ditertibkan dengan cara dibongkar dan kemudian ditata ulang. Karena peraturan daerahnya (Perda) tentang jalan dan saluran menyebutkan, bahwa di atas bangunan saluran tidak boleh didirikan bangunan. Lebih-lebih bangunan permanen.
‘’Bangunan permanen menyulitkan dinas dalam memelihara saluran pembuangan itu,’’ jelasnya. Ditanya berapa anggaran yang dialokasikan untuk normalisasi dan penataan saluran Jalan Gajah Mada Purwodadi dikatakan, cukup besar. Berapa besarnya pihaknya belum dapat menyebutkan karena masih dalam taraf penghitungan dari hasil cek lapangan.
‘’Yang pasti mencapai miliaran karena penataannya menyeluruh,’’ kata Kadinas PUPR itu. Ditambahkan, hasil penghitungan itu, nanti dikoordinasikan dengan Dinas Bina Marga Jateng untuk dimintakan bantuan anggarannya.
Sebelumnya warga Perumahan Daerah (Perumda) di Jalan Gajah Mada Purwodadi, Grobogan, melayangkan surat aduan ke Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tentang banjir di kawasan perumahan itu. Banjir terjadi akibat beberapa ruas saluran Jalan Gajah Mada Purwodadi tersumbat lumpur. Dan tak mampu menampung air buangan dari kawasan perumahan tersebut. Sehinga air hujan balik membanjiri lingkungan perumahan Perumda di Jalan Gajah Mada Purwodadi.
Warga mendesak Gubernur Ganjar segera menormalisasi saluran Jalan Gajah Mada. Sebab saluran itu menjadai tanggungjawab Pemprov Jateng.
Gubernur Ganjar menanggapi positif usulan warga dan memerintahkan Bupati Grobogan  Sri Sumarni melalui Dinas PUPR untuk segera menormalisasi saluran tersebut di tahun anggaran 2017. Namun entah karena apa dinas PUPR tidak menaindanlanjuti hingga tahun anggaran 2018. (syam/TN)

Banjir Lingkungan Perumda, Dinas PUPR Akan Normalisasi Saluran Gajah Mada Purwodadi Banjir Lingkungan Perumda, Dinas PUPR Akan Normalisasi Saluran Gajah Mada Purwodadi Reviewed by samsul huda on December 10, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD