Febri Diansyah: 61,17 Persen Kasus Korupsi di KPK Berasal dari Sektor Politik - GROBOGAN TOP NEWS

Febri Diansyah: 61,17 Persen Kasus Korupsi di KPK Berasal dari Sektor Politik




TOPNEWS.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan, bahwa kasus korupsi  yang ditangani KPK lebih banyak didominasi para aktor politik.
Berdasarkan data penanganan perkara KPK, 61,17 persen kasus korupsi di Indonesia berasal dari sektor politik.
"Jika dibaca dari data penanganan perkara KPK, sampai hari ini sekitar 61,17 persen pelaku diproses dalam kasus korupsi yang berdimensi politik," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (23/11/2018).
Ia mengatakan, angka 61,17 persen itu, terdiri dari 69 orang anggota DPR RI, 149 orang anggota DPRD, 104 Kepala Daerah dan 223 orang pihak lain yang terkait dalam perkara tersebut.
"Pihak yang terkait di sini adalah pihak yang bersama-sama melakukan korupsi atau dalam perkara yang sama di mana aktor politik terjerat korupsi," ujar Febri.
KPK menyesalkan maraknya aktor politik yang menjadi pejabat negara terjerat kasus korupsi. ‎
Maraknya aktor politik yang terjerat korupsi itu, menurut Febri, membuat Indeks Persepsi Korupsi (IPK) untuk Indonesia di dunia stagnan atau masih terbilang cukup buruk.
"Data CPI Indonesia Tahun 2017 yang dirilis Transparency International (TI) Tahun 2017 menunjukkan stagnasi IPK Indonesia di angka 37. Salah satunya disebabkan turunnya indeks PERC (Political and Economic Risk Consultancy) hingga 3 poin," tutur Febri. (syam/TN)‎

Febri Diansyah: 61,17 Persen Kasus Korupsi di KPK Berasal dari Sektor Politik Febri Diansyah: 61,17 Persen Kasus Korupsi di KPK Berasal dari Sektor Politik Reviewed by samsul huda on November 24, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD