6.900 Ha Padi di Grobogan Gagal Panen Akibat Kekeringan Yang Berkepanjangan - GROBOGAN TOP NEWS

6.900 Ha Padi di Grobogan Gagal Panen Akibat Kekeringan Yang Berkepanjangan



GROBOGAN (TopNews.Com) – Sedikitnya 6.900 hektare tanaman padi dan ratusan hektare tanaman kedelai program upaya khusus (Upsus) di Kabupaten Grobogan (Jateng), gagal panen akibat kekeringan yang berkepanjangan.  Sebagian tanaman kedelai itu, dilaporkan 50 persen gagal total. Selebihnya 50 persennya lagi dapat panen tetapi hasilnya tak maksimal.
Bahkan tanaman serupa seperti kacang hijau yang jarang sekali gagal panen, tahun ini lebih banyak gagalnya daripada yang berhasil dipanen. Hal itu terjadi akibat kekeringan di Grobogan yang berlangsung lebih lama dibanding tahun-tahun sebelumnya.
Bahkan kekeringan tahun ini lebih ekstrem, sehingga menyebabkan tanaman pangan di daerah itu, mati sebelum dipanen.
Data Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Grobogan  menyebutkan, bahwa dari 130 ribu hektare tanaman pertanian di tahun 2018, sebanyak 6.900 hektare (khusus padi) mati kekeringan. Tanaman itu tersebar di 12 daerah kecamatan. Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Grobogan Edhie Sudaryanto mengatakan, musim kekeringan kali ini terjadi lebih dibanding tahun 2017. Tahun ini kekeringan mulai berlangsung Maret.
‘’Tahun 2017, kemarau terjadi bulan Juli-Agustus,’’ kata Edhie di Purwodadi, Grobogan (Jateng), kemarin. Ia mengatakan, di musim gadu petani tadah hujan maupun lahan berpengairan teknis banyak yang menanam padi, dan kedelai Maret 2018. Padahal tanaman gadu di musim kemarau beresiko tinggi, yaitu gagal panen. Maka ke depan pihaknya minta hal itu harus dihindari.
Ia menyarankan di musim gadu, petani lebih baik menanam tanaman palawija seperti jagung, ketela dan lainnya yang tidak membutuhkan banyak air. (syam/TN)


6.900 Ha Padi di Grobogan Gagal Panen Akibat Kekeringan Yang Berkepanjangan 6.900 Ha Padi di Grobogan Gagal Panen Akibat Kekeringan Yang Berkepanjangan Reviewed by samsul huda on September 06, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD