Wapres Tegaskan Penanganan Gempa Lombok Sama Seperti Bencana Nasional - GROBOGAN TOP NEWS

Wapres Tegaskan Penanganan Gempa Lombok Sama Seperti Bencana Nasional


TOPNEWS.COM  - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, bahwa penanganan gempa di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) sama persis dengan penanganan bencana nasional. Meski pemerintah belum menetapkannya  gempa Lombok itu, sebagai bencana nasional.
"Bencana adalah bencana, bencana sebesar ini walaupun tidak kita katakan bencana nasional, tapi cara penanganannya ialah sama seperti bencana nasional," kata JK kepada korban gempa Lombok di tenda pengungsian di Desa Kekait, Gunung Sari, Lombok Barat, NTB, Selasa (21/8/2018).
JK mengatakan, pemerintah akan selalu bersama masyarakat NTB yang menjadi korban gempa. Untuk itu, pemerintah bersama-sama masyarakat akan kembali membangun rumah dan fasilitas yang rusak.
Bersama-sama lanjut JK, maknanya ialah kesulitan bapak dan ibu, itu kesulitan pemerintah juga, dan seluruh masyarakat Indonesia. ‘’Saya datang di sini untuk melihat dan juga menyampaikan beberapa hal," ujar JK.

Menurut Wapres JK, Tsunami di Aceh tahun 2004 ditetapkan sebagai bencana nasional karena pemerintah provinsi Aceh kala itu sudah tidak sanggup mengatasinya. Sementara itu, Pemprov NTB saat ini dipandang masih mampu mengatasi gempa bumi yang terjadi.

"Sekarang Insyaallah pemerintah (daerah) sanggup untuk mengatasi itu. Tidak perlu minta bantuan dari luar, tidak perlu. Pemerintah masih ada, Gubernur, Bupati masih jalan," ucapnya.

Bencana nasional itu tegas JK, kalau gubernur dan bupati tidak bisa berbuat apa-apa. Oleh karena itu maka, semua membantu. Jadi gubernur dan bupati bekerja, dibantu Menteri PU, Mendikbud, Mensos, dan BNPB.

JK mengajak para pengungsi untuk kembali membangun dan memperbaiki rumah yang rusak akibat gempa. Warga yang rumahnya rusak dan hancur akan membangun rumahnya sendiri dengan bantuan dana dari pemerintah.

"Caranya ialah kita kasih cara membangun yang baik, nanti Menteri PU dan stafnya akan membantu bagaimana cara membangun rumah yang aman gempa. Karena gempa ini mungkin tahun depan datang lagi," jelasnya.

JK memastikan setiap warga akan diberi pelajaran oleh Kementerian PUPR untuk membangun rumah tahan gempa. JK menyebut korban meninggal akibat gempa karena tertimpa material runtuhan bangunan.

"Tidak ada gempa yang membunuh orang, yang membunuh orang ialah bangunan yang jatuh. Tidak ada orang yang goyang-goyang lalu meninggal itu tidak ada. Yang meninggal karena kena atap, kena beton, kena lemarinya yang jatuh, kena tembok," kata Wapres JK. (syam/TN)

Wapres Tegaskan Penanganan Gempa Lombok Sama Seperti Bencana Nasional Wapres Tegaskan Penanganan Gempa Lombok Sama Seperti Bencana Nasional Reviewed by samsul huda on August 21, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD