Terlibat Kasus Suap Proyek Pembangunan PLTU Riau-1, Idrus M Mundur Dari Mensos - GROBOGAN TOP NEWS

Terlibat Kasus Suap Proyek Pembangunan PLTU Riau-1, Idrus M Mundur Dari Mensos

TOPNEWS.COM – Idrus Marham  mundur dari Menteri Sosial (Mensos) diduga karena terlibat kasus suap pembangunan proyek PLTU Riau-1 di Provinsi Riau. Idrus usai menyerahkan surat pengunduran dirinya ke Presiden Jokowi, membenarkan bahwa pihaknya bakal ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus itu. Karena surat dimulainya penyidikan (Sprindik) dari KPK atas dirinya telah diterima, Kamis (23/8/2018).
Ia mengaku akan mengikuti proses hukum yang ditetapkan KPK.
Juru Bicara KPK Febri Diansyah ketika dikonfirmasi awak media di kantornya Kuningan Persada, Jakarta Selatan menyatakan, bahwa penyidik telah menemukan bukti keterlibatan pihak-pihak lain dalam kasus pembangunan proyek PLTU Riau-1. Namun ia keberatan menjelaskan siapa yang dimaksud pihak-pihak tersebut. "Kami melihat fakta-fakta baru yang berkembang dalam proses penyidikan untuk mencari siapa pihak-pihak lain yang harus bertanggung jawab dalam kasus PLTU Riau-1,"  kata Febri di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Jumat (24/8/2018).
Febri hanya mengatakan, KPK sudah menemukan adanya aliran dana sebesar Rp 4,8 miliar yang masuk ke pihak-pihak tertentu. "Jadi KPK mendalami hal tersebut untuk memastikan secara lebih rinci karena ada dugaan penerimaan sekitar Rp 4,8 miliar yang sejauh ini sudah kami identifikasi dalam kasus ini," terangnya.
Dalam kasus ini, KPK baru menetapkan mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Maulani Saragih dan pengusaha Johanes B Kotjo selaku pemilik Blackgold Natural Resources Limited sebagai tersangka. Eni diduga menerima suap sebesar Rp 4,8 miliar dari Johanes secara bertahap. Proyek PLTU Riau-I sendiri masuk dalam proyek 35 ribu Megawatt yang rencananya bakal digarap Blackgold, PT Samantaka Batubara, PT Pembangkit Jawa-Bali, PT PLN Batubara dan China Huadian Engineering Co. Ltd.
KPK sudah memeriksa sejumlah saksi dalam kasus dugaan suap ini, di antaranya Menteri Sosial Idrus Marham, Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir, serta Direktur Utama PT Pembangkitan Jawa-Bali Investasi Gunawan Y Hariyanto. Kemudian Direktur Utama PT Pembangunan Jawa Bali (PJB) Iwan Agung Firstantara dan Direktur Utama PT Samantaka Batubara Rudi Herlambang. (syam/TN)


Terlibat Kasus Suap Proyek Pembangunan PLTU Riau-1, Idrus M Mundur Dari Mensos Terlibat Kasus Suap Proyek Pembangunan PLTU Riau-1, Idrus M Mundur Dari Mensos Reviewed by samsul huda on August 24, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD