KPK Periksa Mantan Mode Steffy Burase 11 Jam Terkait Aliran Dana dari Irwandi Yusuf - GROBOGAN TOP NEWS

KPK Periksa Mantan Mode Steffy Burase 11 Jam Terkait Aliran Dana dari Irwandi Yusuf


TOPNEWS.COM  - Fenny Steffy Burase, tim ahli Aceh Marathon 2018 diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama 11 jam dari pukul 10.20 -  21.15 WIB. Ia diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap Gubernur Aceh nonaktif, Irwandi Yusuf.
Usai diperiksa KPK, orang dekat Irwandi Yusuf ini memohon doa agar Aceh Marathon berlangsung sukses.
"Doain aja Aceh Marathon sukses,"  kata Steffy usai diperiksa di Gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (1/8/2018) malam.
Sebelumnya KPK menangkap tangan dan menetapkan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf sebagai tersangka korupsi. Ia ditangkap setelah menerima uang Rp 500 juta dari Bupati Bener Meriah Ahmadi terkait ijon proyek-proyek infrastruktur yang didanai dari dana otonomi khusus Aceh 2018.
Diduga uang suap Rp 500 juta yang diterima Irwandi itu, akan digunakan untuk Aceh Marathon 2018 yang akan digelar di Sabang, Aceh. Diantaranya untuk pembayaran medali dan pakaian kegiatan Aceh Marathon 2018.
Steffy juga memastikan acara berskala internasional tersebut akan tetap digelar.
"Insya Allah tidak ditunda," ujar Fenny.
Event ini khusus digelar untuk mempromosikan keramahan dan suasana aman Aceh bagi wisatawan dan investasi. Tidak tanggung-tanggung, total hadiah yang disiapkan Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh mencapai Rp 3 miliar.
Untuk menggarap kegiatan ini, Pemprov Aceh memilih atlet lari Steffy Burase sebagai tim ahli. Beberapa jam sebelum ditangkap KPK, Irwandi baru saja memimpin rapat Aceh Maraton di Sabang.
Rapat tersebut dihadiri Steffy Burase, TNI-Polri, KONI, hingga dinas-dinas terkait. Secara terpisah, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menegaskan pemeriksaan Steffy Burase dilakukan hingga malam hari karena ada sejumlah aliran dana yang diduga diketahuinya.
"Pemeriksaan sampai malam karena ada sejumlah aliran dana yang kami duga diketahui Steffy Burase yang masih perlu diklarifikasi secara lebih rinci," jelas Febri.
Dalam kasus itu, KPK menetapkan empat tersangka yaitu Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf, Bupati Bener Meriah Ahmadi dan dua pihak swasta, Hendri Yuzal dan T Syaiful Bahri.
Diduga, Gubernur Irwandi meminta jatah sebesar Rp 1,5 miliar atas fee ijon proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari DOKA tahun 2018. Irwandi meminta jatah tersebut pada Bupati Bener Meriah, Ahmadi Rp 500 juta. Uang ini merupakan bagian komitmen fee 8 persen yang jadi jatah pejabat Pemprov Aceh. (syam/TN)

KPK Periksa Mantan Mode Steffy Burase 11 Jam Terkait Aliran Dana dari Irwandi Yusuf KPK Periksa Mantan Mode Steffy Burase 11 Jam Terkait Aliran Dana dari Irwandi Yusuf Reviewed by samsul huda on August 02, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD