Gempa Rusakkan Beberapa Ruas Jalan Utama - GROBOGAN TOP NEWS

Gempa Rusakkan Beberapa Ruas Jalan Utama


TOPNEWS.COM - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho Bantuan mengatakanj,  logistik terus disalurkan ke korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Stok logistik mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dasar pengungsi. Apalagi bantuan terus berdatangan dari berbagai pihak. Adanya gempa 6,9 SR menyebabkan beberapa jalan utama mengalami rusak dan longsor.

Gempa dengan kekuatan 6,9 SR ini terjadi Minggu (19/8/2018) pukul  22.56 WIB. ‘’Gempa ini menimbulkan guncangan keras di Lombok Timur dan Lombok Utara dengan intensitas VI-VII MMI (kuat),’’ kata Sutopo di Jakarta, Senin (20/8/2018).

Sementara itu, dampak gempa 6,5 SR yang mengguncang Lombok Timur pada Minggu (19/8) pukul 11.06 WIB juga menimbulkan korban jiwa dan kerusakan. Berdasarkan pendataan hingga Minggu sore sebelum gempa 6,9 SR, tercatat 2 orang meninggal dunia, 1 orang luka, 1.700 unit rumah rusak, dengan rincian 1.054 rusak berat dan 646 rusak ringan, serta 5 bangunan publik rusak.

Tentu hal ini makin menyebabkan derita dan kesedihan mendalam masyarakat Lombok yang terus diguncang gempa yang beruntun. Data di atas kata Sutopo, adalah data yang terpisah dari dampak gempa sebelumnya. Sebelumnya, Lombok Timur diguncang gempa 6,4 SR (29/7/2018) dan gempa 7 SR (5/8/2018) yang juga menimbulkan korban dan kerusakan.

Ia menegaskan upaya penanganan darurat terus diintensifkan. Percepatan bantuan perbaikan rumah rusak terus dilakukan.

Begitu juga perbaikan fasilitas umum seperti rumah sakit, puskesmas, dan sekolah darurat dilakukan percepatan sambil menunggu tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi nantinya.
‘’Operasi pasar untuk pemenuhan kebutuhan dasar dan ketersediaan bahan-bahan pokok terus dilakukan," tuturnya. (syam/TN)

Gempa Rusakkan Beberapa Ruas Jalan Utama Gempa Rusakkan Beberapa Ruas Jalan Utama Reviewed by samsul huda on August 20, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD