data sementara, Korban Tewas akibat Gempa Lombok Berkekuatan 6,9 SR Capai 10 Orang - GROBOGAN TOP NEWS

data sementara, Korban Tewas akibat Gempa Lombok Berkekuatan 6,9 SR Capai 10 Orang




 TOPNEWS.COM – Sedikitnya 10 orang tewas akibat gempa berkekuatan 6,9 skala richter (SR) yang mengguncang Lombok,  Nusa Tenggara Barat (NTB). BNPB menyebutkan, sampai Senin (20/8/2018) didapati 24 warga luka-luka.

Sebelumnya BMKG melaporkan gempa itu berkekuatan 7,0 SR. Namun kemudian diralat menjadi 6,9 SR. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, jumlah korban tewas itu didasari data yang dihimpun posko BNPB hingga pukul 10.45 WIB.  
Selain itu, 6 unit fasilitas ibadah rusak dan 151 rumah rusak dengan rincian 7 rusak berat, 5 rusak sedang, dan 139 rusak ringan.

‘’Dari sejumlah korban tewas itu, 4 di antaranya dari Kabupaten Lombok Timur, 5 Sumbawa Besar, dan 1 Sumbawa Barat 1 orang," kata Sutopo di Jakarta, Senin (20/8/2018).
Ia mengatakan, data itu merupakan data sementara karena pendataan masih terus berlangsung. Ditambahkan, kendala listrik padam total menyebabkan komunikasi dan pendataan terhambat.

"Tim SAR gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, ESDM, dan relawan masih melakukan evakuasi," ujarnya.

Saat kejadian gempa, sebagian besar masyarakat berada di luar rumah dan di pengungsian sehingga tidak menimbulkan banyak korban jiwa. Rasa trauma guncangan gempa, apalagi pada Minggu (19/8) siang terjadi gempa 6,5 SR di Lombok Timur, menyebabkan masyarakat memilih berada di luar rumah.

"Korban meninggal sebagian karena tertimpa bangunan roboh dan sebagian karena serangan jantung kaget menerima guncangan gempa yang keras," ujarnya. (syam/TN)

data sementara, Korban Tewas akibat Gempa Lombok Berkekuatan 6,9 SR Capai 10 Orang data sementara, Korban Tewas akibat Gempa Lombok Berkekuatan 6,9 SR Capai 10 Orang Reviewed by samsul huda on August 20, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD