jual Beli Kamar Sel di Lapas Sukamiskin Disinyalir Mencapai Rp 200 Juta–Rp 500 Juta - GROBOGAN TOP NEWS

jual Beli Kamar Sel di Lapas Sukamiskin Disinyalir Mencapai Rp 200 Juta–Rp 500 Juta




TOPNEWS.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  mensinyalir bisnis jual beli kamar, izin keluar lapas, penambahan fasilitas kamar dan lainnya di lingkungan lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan (Rutan) se-Indonesia sudah berlangsung lama. Namun KPK baru dapat membuktikan bisnis itu, di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jabar.
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan, bisnis itu terungkap setelah KPK melangsung operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Kepala Lapas (Kalapas) Sukamiskin Wahid Husen di Bandung, Sabtu (21/7/2018) dini hari.
‘’KPK memperkirakan tarif jual beli kamar di Lapas Sukamiskin berkisar Rp 200 juta hingga Rp 500 juta/kamar,’’ kata Saut saat konferensi pers di kantornya Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Sabtu (21/7/2018).  
Ia mengatakan, penyidik tengah mendalami tarif jual beli kamar itu yang nilai cukup fantastis. Termasuk aliran dananya. Karena hasil dari jual beli kamar tersebut disebut-sebut mengalir ke atas.
Tidak disebutkan dengan jelas atas yang mana. Yang pasti, kata Saut, kantor yang menjadi atasan Lapas Sukamiskin.
Selain mendalami jual beli kamar sel, KPK juga tengah mengembangkan jual beli penambahan fasilitas tertentu di dalam kamar maupun di luar kamar. Terutama terhadap napi yang mendapatkan fasilitas tambahan khusus. Yaitu mulai dari kamar special hingga berbagai fasilitas tambahan berupa AC, TV, HP, spring bed dan lainnya.
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif menambahkan, KPK mengendus jual beli kamar sel dan izin keluar lapas terhadap napi-napi berduit itu, sejak awal Maret 2018. Yakni bersamaan Kalapas Wahid Husen ditugaskan di Sukamiskin.
‘’Baru 5 bulan bertugas di Lapas Sukamiskin, Wahid sudah mendapatkan dua mobil dari hasil bisnis jual beli kamar sel dalam lapas itu. Ini yang buat kami kesal,’’ kata Laode.
KPK menangkap 6 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan dini hari tadi. Salah satu yang tertangkap adalah Kepala Lapas Sukamiskin Wahid Husen, napi dan swasta.
OTT itu terkait suap yang diterima Kalapas Wahid terkait menyangkut jual beli kamar sel dan beli izin napi keluar lapas. KPK juga menyegel sejumlah kamar sel napi, yakni kamar sel Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan dan Fuad Amin, serta almari dokumen di Kantor Lapas itu. (syam/TN)

jual Beli Kamar Sel di Lapas Sukamiskin Disinyalir Mencapai Rp 200 Juta–Rp 500 Juta jual Beli Kamar Sel di Lapas Sukamiskin Disinyalir Mencapai Rp 200 Juta–Rp 500 Juta Reviewed by samsul huda on July 22, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD