Kemenkumham Bersihkan Fasilitas Lapas Rutan se-Indonesia yang Tak Sesuai Standar - GROBOGAN TOP NEWS

Kemenkumham Bersihkan Fasilitas Lapas Rutan se-Indonesia yang Tak Sesuai Standar


TOPNEWS.COM - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM akan segera membersihkan fasilitas-fasilitas di lapas maupun rutan di seluruh Indonesia yang tidak sesuai dengan standar lembaga pemasyarakatan.
Hal ini segera dilakukan setelah terbongkarnya fasilitas khusus bagi narapidana di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jabar melalui operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Dalam OTT itu, Tim Satgas KPK menangkap Kalapas Sukamiskin Wahid Husen, sejumlah napi dan swasta, Sabtu (21/7/2018) dini hari.
"Bapak Menteri (Menkumham) memerintahkan kepada kami, mulai besok akan melakukan pembersihan fasilitas yang tidak sesuai standar di seluruh lapas dan rutan," kata Dirjen Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami saat konferensi pers di Kementerian Hukum dan HAM, Sabtu (21/7/2018).
"Pembersihan itu sebenarnya sudah kami lalukan belakangan ini. Dari Ditjen PAS sudah turun lapangan, merevitalisasi pararel lapas sebagai bagian dari pemasyarakatan," ujar Sri Puguh.

Napi korupsi yang ditahan di Lapas Sukamiskin diketahui suka pelesiran. Mereka biasanya berdalih ingin berobat. Buktinya, saat KPK melakukan penyidikan di sana, sejumlah sel di Lapas Sukamiskin kosong ditinggal penghuninya.
Ada juga beberapa fasilitas-fasilitas mewah di dalam sel yang dihuni para napi.
KPK memeriksa salah satu sel tahanan Fahmi Darmawansyah di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, sebagai rangkaian dari pengembangan OTT yang dilakukan Kalapas Sukamiskin Wahid Husen.
Hasilnya, sungguh mencengangkan. Sel tahanan itu tampak seperti layaknya kamar apartemen yang berisikan sejumlah fasilitas mewah seperti AC, toilet, wastafel, televisi, dispenser, hingga spring bed yang empuk. Berbagai barang-barang pribadi juga memenuhi isi sel Fahmi.
Fahmi diduga menyuap para pejabat lapas demi mendapatkan keistimewaan fasilitas tersebut. (syam/TN)

Kemenkumham Bersihkan Fasilitas Lapas Rutan se-Indonesia yang Tak Sesuai Standar Kemenkumham Bersihkan Fasilitas Lapas Rutan se-Indonesia yang Tak Sesuai Standar   Reviewed by samsul huda on July 22, 2018 Rating: 5

No comments

Post AD